Bangka Belitung, Berbeda Namun Satu

Bangka Belitung, Berbeda Namun Satu

Bangka Belitung, pastinya kalian udah cukup familiar dengan kepulauan yang satu ini. Tapi pernah nyangka ga sih, kalo ternyata Bangka Belitung itu beda pulau tapi satu provinsi? 

Well, sebelum mulai melanjutkan series untuk Menjadi Freelance, mumpung lagi liburan mau ngebahas tentang pesona Pulau Bangka yang banyak orang belum tau karena selama ini pemahaman Bangka Belitung hanya sebatas negeri Laskar Pelangi. Makanya disini aku mau ngebahas Bangka Belitung, beda pulau namun satu provinsi.

Sejarah Kepulauan Bangka Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (disingkat Babel) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang. Pemerintahan provinsi ini disahkan pada tanggal 9 Februari 2001.

Ini untuk brief penjelasan mengenai Bangka Belitung itu sendiri. Jadi jelas kan kalo mereka berdua itu satu propinsi yang berbeda pulau dengan pulau kecil lain di sekitarnya. Dulunya mungkin bagian dari Sumatera Selatan, namun sekarang udah pisah dan jadi provinsi sendiri. Walaupun menjadi 2 bagian pulau yang terpisah, masing-masing dari Pulau Bangka dan Pulau Belitung memiliki khas nya tersendiri. Untuk latar cerita Laskar Pelangi sendiri berada di Pulau Belitung, tepatnya di Kabupaten Belitung Timur, Manggar.

Pulau Bangka dengan bentuknya seperti huruf K tentunya lebih besar dari Pulau Belitung. Terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota yaitu Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah dan Kota Pangkal Pinang. Bandara utama Bangka Belitung, Depati Amir pun berada di ibukota Pangkal Pinang. Sedangkan untuk Pulau Belitung hanya memiliki 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. Selain ukuran dan bentuk dari masing-masing pulau, dua pulau ini memiliki ketertarikannya sendiri.

Mengenal Pulau Bangka

Bangka disini pastinya yang berada di dekat Pulau Sumatera yah, bukan Jalan Bangka yang ada di Kuningan. Setiap kali kalo lagi di Depok pas ditanyain asalnya dari mana, pas jawab Bangka, eh dikira di Kuningan. Padahal mah maksudnya Bangka Belitung. Haha. Aku sendiri pun kalo dibilang blasteran BangJak. Perpaduan antara Ayah Bangka Belitung dan Ibu Jakarta. Jadinya ya Melayu-Jawa gitu. Haha Namun, kalo ditanya, ya pastinya lebih ke orang Bangka sih. Untuk kehidupan di Bangka pun aku mulai merasakannya saat memasuki kelas 4 SD dan tinggal di Pangkal Pinang. Untuk Pangkal Pinang zaman dulu kelas 4 SD sama sekarang tentu beda banget. Dulu Pangkal Pinang meskipun ia sebagai ibukota, masih banyak fasilitas yang kurang, seperti tempat wisata, kuliner dan lainnya. Tapi kalo sekarang kamu ke Pangkal Pinang, mulai kerasa deh kotanya, walaupun ga sepadet Jakarta sih. Haha

Untuk Pangkal Pinang sendiri ciri khasnya yaitu Pantai Pasir Padi yang menawan. Karena letak Kepulauan ini sendiri di kelilingi lautan, so pasti kebanyakan tempat wisatanya itu pantai dan laut. Pelabuhan terbesar di Bangka pun adanya di Pangkal Balam. Mal di Bangka pun cuma ada di Pangkal Pinang, yaitu Ramayana Mall, Puncak Toserba, dan yang baru dibangun itu Bangka Trade Center. Lokasinya pun berdekatan, jadinya ya kalo mau ngerasain kemacetan, ya ke mall aja. Pasti berasa macetnya. Haha

Di pulau Bangka selain Pangkal Pinang ada lagi daerah yang patut kamu kunjungi yaitu Sungailiat. Kalo dibandingin, Sungailiat itu kaya Bandung nya Bangka. Tempatnya adem dan ga begitu ramai. Meskipun begitu, Sungailiat punya pesonanya sendiri dengan adanya Pantai Parai Tenggiri yang udah dibangun seperti resort yang dibuat jika memang kamu berencana menginap disana. Udah lama banget aku ga ke Sungailiat, tapi seinget aku kalo ke Parai itu paling enak makan sop buntut sapinya dan berjalan diatas jembatan yang berada di atas laut.

Mengenal Pulau Belitung

Bagi kalian yang mendengar Pulau Belitung pasti udah familiar dengan image negeri Laskar Pelangi. Memang Kak Andrea Hirata keren banget menulis ceritanya sampe Laskar Pelangi bisa booming banget dan menjadi keuntungan pariwisata sendiri bagi Pulau Belitung. Pak Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dipanggil Pak Ahok pun berasal dari pulau ini dan pernah menjabat menjadi bupati juga sampai akhirnya bisa menjadi gubernur di Jakarta. Jadi, secara media sosial dan pengetahuan umum, pastinya lebih banyak yang familiar dengan Pulau Belitung. :”)

Aku juga ga bakal nyalahin sih, karena memang untuk dikenal, butuh effort lebih dan ekspos media yang banyak. Maka dari itu aku mau nyoba jelasin kalo jangan cuma kenal Pulau Belitung aja, karena Pulau Belitung ga bakal bisa bertahan kalo ga ada Pulau Bangka. Haha. Nah, ngomongin tentang Pulau Belitung, pastinya lebih tradisional daripada Pulau Bangka. Banyak daerah di Pulau Belitung yang masih pure banget dan belum terjamah. Untuk pemukiman dan penduduknya pun masih banyak di Pulau Bangka. Namun, untuk wisatanya, Pulau Belitung terkenal akan keindahan pasir putih dan batu -batu granit yang artistik. Melihat pulau Belitung yang di sekitanya terdapat pulau-pulau kecilpun menjadi ketenangan bagi siapapun yang melihatnya. Walaupun aku orang Bangka, tapi aku sama sekali belum pernah ke Belitung dan cuma ada gambaran mengenai Belitung dari cerita dan gambar di internet saja. Jadi untuk lebih jelasnya mungkin bisa langsung cek disini akan keindahannya.

2 thoughts on “Bangka Belitung, Berbeda Namun Satu

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: