Flip – Solusi untuk Transfer Antarbank Anda 

Flip – Solusi untuk Transfer Antarbank Anda 

Hari gini masih bayar biaya tambahan untuk transfer antarbank? Flip-in aja kali! 

Dengan banyaknya kebutuhan yang ada, terutama transaksi belanja online yang membutuhkan transfer antar rekening untuk pembayaran, terdapat sebuah problematika di kalangan pembeli yang dimana ketika ingin mentransfer biaya pembeliannya, rekening bank tujuan ternyata memiliki bank yang berbeda dengan rekening yang kita miliki. Maka biaya tambahanpun akan dikenakan kepada rekening kita, yang awalnya harganya cuma Rp. 100.000, karena berbeda bank, ternyata harus transfer sebanyak  Rp. 106.500 belum lagi kalau ternyata uang di rekening pas-pasan banget Rp. 100.000 :’) Yap, kalo dulu sih solusinya, kalo ga nanya rekening lain ke penjualnya, ya kitanya yang harus nyari rekening bank yang sama dengan penjual. Agak repot ya sebenarnya?

Maka dari itu, alhamdulillah, dengan upaya untuk menjadi sebuah solusi dalam problematika masyarakat, hadirlah sebuah aplikasi yang menjadi penengah dari masalah ini, yaitu Flip!

Yap, Flip adalah sebuah aplikasi yang bisa kamu unduh di Android ataupun via web dan mobile web sebagai perantara dari rekening bank kita dengan rekening bank tujuan, sehingga transaksi transfer yang kita lakukan tanpa biaya. Untuk iOS, masih dalam tahap perkembangan, so bersabar dulu yah! 😀

Cara kerja Flip 

Ketika kamu unduh aplikasi Flip ini akan dijelaskan bagaimana mekanisme kerja Flip ini. Tapi, bagi yang belum mengunduh bisa baca aja dulu disini, siapa tau abis baca langsung unduh hehe 😀

Jadi, sebenarnya setiap kali kita mau transaksi antar bank yang berbeda, pastinya akan dikenakan biaya tambahan rata-rata sebesar Rp. 6.500, nah dengan menggunakan Flip, kita akan diminta untuk transfer sejumlah yang kita inginkan dengan rekening bank yang kita miliki ke rekening Flip yang bank nya sama dengan punya kita. Nantinya uang yang kita transfer akan di transfer oleh pihak Flip ke rekening tujuan yang kita inginkan yang pastinya berbeda bank, karena Flip akan menggunakan rekening bank yang sama dengan rekening tujuan. Tenang aja, nanti dari pihak Flip akan mengirimkan bukti transfer ke email atau aplikasi dengan mencantumkan nama kita di berita nya bahwa kita telah mentransfer ke rekening tujuan via Flip

Dengan melakukan transaksi seperti itu, pastinya kita ga akan dikenakan biaya tambahan transfer karena jatuhnya kita transfer ke rekening yang sama. Simpel banget kan?

Kode Unik Flip 

Terus, dengan melakukan transfer berkali-kali dengan Flip, kitapun bakal nabung deposit yang didapatkan dari kode unik dalam setiap transaksi. Jadi, misalnya mau transfer Rp. 100.000 ke rekening Flip, maka akan ada kode unik tambahan yang berbeda dalam setiap transaksi yang nantinya harus kita transfer. Tapi tenang aja, kode unik tersebut merupakan cara untuk memudahkan Flip dalam melacak kiriman transfer kamu.

Nah, apa Flip ngambil kode unik tersebut?

Tentu aja tidak, karena ternyata kode unik tersebut akan dimasukkan ke dalam deposit kita yang nantinya bisa kita cairin ke dalam saldo kita jika sudah mencapai Rp. 10.000. Enak banget kan? Apalagi yang sering transaksi pake Flip, pastinya ga berasa deh tuh udah banyak aja depositnya. Hehe

Kenapa Flip? 

Aku sendiri merupakan pengguna baru Flip, sebenarnya udah lama unduh Flip di handphone, tapi karena dulu males banget buat verifikasi via mitra Flip, jadinya baru make Flip tengah tahun ini. Jadi, ketika ingin aktifasi Flip, sebelumnya, setelah daftar via aplikasi, kita harus memverifikasi data kita ke mitra Flip yang disebutkan secara rinci ketika kita telah berhasil membuat akun. Di mitra ini, nanti kita akan diminta untuk membawa KTP dan uang sebesar 2.000 untuk biaya admin, nantinya dari bagian mitra akan memverifikasi data kita untuk di aktifkan akun kita ke Flip. Untuk apa? Pastinya untuk memastikan bahwa akun ini benar milik kita, ya kaya kalo kita mau aktifin M-Banking di bank, pastinya kita harus datang sendiri untuk memverifikasi akun kita.

Nah, karena sebelumnya males banget buat verifikasi akun karena lokasi mitra Flip yang cukup jauh, terlebih lagi waktu itu udah balik ke kampung halaman yang ga ada mitra nya sama sekali, maka akhirnya minta tolong ke CS Flip untuk membantu verifikasi akun Flip aku. Alhamdulillah nya bisa dibantu dengan menyerahkan foto KTP.

Sejak menggunakan Flip aku udah menghemat Rp. 39.000! XD

Hal ini merupakan sebuah kebanggan sendiri ketika membuka aplikasi Flip. Kenapa? Karena dengan melakukan berbagai transaksi antarbank biaya tambahan yang dikenakan bisa dapat kita gunakan untuk hal lainnya. Terlebih lagi, dengan biaya tambahan tersebut, pastinya akan diberikan ke bank yang kita ga tahu kemana tujuannya. Udah cukup biaya admin yang setiap akhir bulan dipotong dari rekening kita, jangan lagi dipotong untuk biaya tambahan transfer antarbank :’) Itung-itung uang tersebut bisa kita gunakan untuk sedekah ataupun kebajikan lainnya yang dapat menjadi tabungan pahala kita hehe.

Selain penghematan yang jelas dirasakan dari hilangnya biaya admin, keramahan pun dirasakan ketika menggunakan Flip, hal ini dikarenakan bahasa interface Flip yang ramah banget, istilah pengguna dipanggil dengan sebutan ‘Kakak’ yang membuat kita merasa selalu awet muda *eaa. Ditambah lagi dengan ke’ademan’ yang Flip berikan saat pihak Flip akan melaksanakan ibadah sholat yang akan sedikit meminta waktu kita dalam bertransaksi.

Walapun banyak banget nomor antrian kita saat Flip sedang memproses transaksi kita, proses tersebut tidak akan memakan waktu lama, cukup sekitar 5 – 10 menit, transaksi kita selesai dan bukti transfer dikirimkan ke email dan notifikasi aplikasi Flip kita. Oh ya, bank yang disediakan dari Flip untuk melakukan transfer cukup banyak, tergantung dari mayoritas penduduk Indonesia makenya apa, seperti BNI, Mandiri, BCA, BRI, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat, dan CIMB Niaga. Bank yang kamu gunakan belum ada?Vote saja supaya Flip dapat menyediakannya di website Flip.

Well, menurutku, mungkin inilah salah satu start-up yang benar-benar menjadi solusi bagi masyarakat yang dilanda dilemma terutama dalam masalah keuangan. Maka dengan menggunakan Flip menjadi sebuah terobosan baru untuk kita agar lebih bijak lagi dalam mengatur dan melihat transaksi kita, karena sebenarnya uang Rp. 6.500 yang mungkin dianggap sepele sebelumnya, jika dilakukan berkali-kali mulai akan dirasakan betapa besarnya jumlah tersebut dikeluarkan, maka alangkah baiknya jika uang yang dapat kita hemat tersebut dikumpulkan untuk hal yang lebih baik lagi. Terima kasih Flip!

Aku udah pake Flip, kamu kapan? :3 

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: