Kiat Sukses Blogging dengan Hosting Tercepat

Kiat Sukses Blogging dengan Hosting Tercepat

Kecepatan pemuatan halaman blog ternyata menjadi nilai tambah bagi para nara blog yang menginginkan banyak pembaca. Banyaknya traffic pun dapat didulang menjadi uang yang semakin membuat nara blog berlomba-lomba mengundang para pembaca untuk mampir ke halamannya, begitupun aku.

Focus. Speed. I am Speed. – Lightning McQueen (Cars)

Kutipan McQueen diatas menjadi gambaran akan faktor kecepatan sebagai penentu suksesnya ia menjadi juara balapan. Begitupula dalam mengelola website, kecepatan akses dan pemuatan halaman juga menjadi faktor penentu kesuksesan pemiliknya, baik itu seseorang maupun perusahaan. Dalam hal ini, aku akan memfokuskan kiat sukses blogging dengan menggunakan berbagai cara termasuk menggunakan hosting tercepat.

Sebelumnya, aku mau cerita tentang blog pribadi yang telah aku kelola selama 2 tahun di thibiyaa.wordpress.com ini. Sejak awal, blog ini berisi tulisanku selama magang dan berlanjut menjadi catatan perjalananku dalam mencari beasiswa ataupun perjalanan hidup. Tak disangka, seiring rutinitas menulis ini, aku perhatikan bahwa setiap hari pasti ada saja pengunjung yang mampir ke blog ku, walaupun tidak banyak, namun cukup membuatku tahu bahwa mereka dapat sampai di blog ku karena muncul dalam pencarian Google mereka. Alhamdulillah, ternyata memang menulis di blog sesuai keyword yang ada memperbesar kemungkinan untuk dapat muncul di Google.

Selama 2 tahun pula, ada satu hal yang aku sadari bahwa besarnya kuota yang harus dikeluarkan oleh para pembaca karena beratnya muatan halaman blog ku. Itu pun aku sadari ketika memberikan tautan tulisanku di blog kepada suamiku untuk ia baca. Ia pun membalas, “Nanti yah kalo ada kuota, Lumayan soalnya buka blog kamu, berat.” Wkwk

Aku yang waktu itu berfikir bahwa blog ku baik-baik saja, ternyata mendapati keluhan seperti itu. Awalnya tidak percaya, sampai akhirnya aku coba cek kecepatan halaman blog ku di GTmetrix.com. Tak lama, muncullah hasil seperti gambar di bawah ini.

pagespeed
Hasil Page Speed GTMetrix

Dari hasil PageSpeed ku diketahui bahwa ternyata memang kecepatan muatan halamanku berada di peringkat F dengan 42% yang seharusnya 72% untuk dapat peringkat A. Ternyata banyak faktor yang harus aku perbaiki untuk mengoptimalkan kecepatan halaman blog ku dan itu semua bisa dilakukan bahkan untuk blog yang masih memakai free domain seperti milikku ini. Hehe. Berikut kiat yang dapat dilakukan:

  1. Gunakan Tema Blog yang Simple dan Original

Ketika membuka blog, pastinya pengunjung ingin dimanjakan dengan tema yang sederhana dan tidak begitu berat untuk dibuka. Dalam hal ini, hindari menggunakan tema yang ribet dan susah dibaca font nya. Begitupula dengan kualitas, terkadang blogger mengingkan tema yang bagus yang ternyata tidak kompatibel dengan blog nya sehingga sulit untuk diatur.

Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menggunakan tema blog yang telah disediakan, baik dalam WordPress maupun Blogger. Saran dari aku, walaupun tema gratis yang di WordPress terkadang banyak yang sama, coba diubah desainnya dengan mengunggah foto ataupun desain yang sesuai untuk membuat tema blog mu berbeda. Jika tidak ingin repot, bisa juga membeli tema blog dari berbagai website yang ada dan sesuaikan dengan blog mu.

  1. Kurangi Tampilan Tulisan di Halaman Depan

Halaman depan blog merupakan fitur utama dari keseluruhan isi blog kita. Namun, menampilkan semua tulisan kita di halaman depan tentunya dapat menjadi faktor halaman blog kita lama loading nya. Maka dari itu, sebaiknya cukup tampilkan 4 atau 5 post terbaik atau terbaru yang dimiliki untuk berada di halaman depan.

Lalu, gunakan fitur Read More.. atau Baca selengkapnya..yang bisa ditambahkan saat kita menulis blog. Fungsi digunakan fitur tersebut adalah untuk memberikan pengunjung gambaran besar mengenai isi tulisan kita, untuk SEO bisa dimasukkan kata kunci di awal paragraf tulisan agar lebih mudah dilacak oleh Google.

Selain menghemat waktu pemuatan blog, menampilkan tulisan terbaru dan ringkas kita di halaman depan dapat menjadi jalan bagi pengunjung untuk terus penasaran melihat isi tulisan blog kita. Pageviews bertambah, pundi pundi pun didapatkan dari blog. Alhamdulillah~~

  1. Batasi Jumlah Widget di Halaman Blog

Menampilkan berbagai widget lucu di halaman utama blog tentunya menjadi kebahagiaan sendiri saat melihatnya. Entah itu Music Player ataupun slideshow foto yang ternyata menjadi faktor lambatnya muatan halaman blog kita. Maka sudah seharusnya memilih dengan bijak widget apa saja yang perlu ditampilkan.

Selain untuk mempercepat muatan halaman, pembatasan jumlah widget juga dapat membuat blog lebih rapi dan enak dikunjungi karena tidak banyak pernak-pernik di halaman yang terkadang membuat pengunjung bingung akan fungsi widget tersebut. Saranku, cukup menunjukkan widget yang sekiranya membantu pengunjung untuk menemukan konten yang diinginkan, seperti keterangan kategori, tag, tulisan yang paling banyak dikunjungi ataupun sosial media pribadi kita.

  1. Optimasi Seluruh Gambar yang Diunggah

Dari hasil kecepatan halaman blog ku yang aku cek dari GTMetrix pada gambar diatas, salah satu saran utama yang diberikan oleh website tersebut adalah untuk aku mengoptimasi gambar yang aku unggah. Awalnya aku merasa biasa saja dan memilih untuk tidak memperdulikan hal itu, namun ternyata mengoptimasi gambar dari 1 MB menjadi beberapa KB saja ternyata menunjukkan hasil yang signifikan.

Ditambah lagi pada WordPress versi gratis hanya diberikan kuota sebesar 3 GB untuk media yang diunggah. Sayangnya, dalam optimasi ini harus dilakukan satu per satu secara manual, kecuali jika sudah upgrade WordPress ke versi Premium yang bisa install Plugin. Nanti aka nada tools yang bernama WP Smush yang langsung bisa mengoptimasi seluruh gambar dengan 1 kali klik.

  1. Menggunakan Hosting Terbaik

Dari semua kiat yang dapat dilakukan di atas, pada dasarnya semua hal tersebut adalah cara paling minimal yang dapat dilakukan bagi blog yang masih numpang domain (seperti aku). Walaupun platform WordPress sudah cukup memberikan banyak bantuan dalam mengoptimalkan blog kita dan sudah SEO friendly namun jika benar-benar ingin mengoptimalkan dan mempercepat blog pribadi kita, maka pilihan untuk memiliki blog dengan hosting terbaik lah yang bisa dilakukan.

dewaweb-affiliate-banner-slogan-468x60px

Semakin berkembangnya blog pribadiku, mantan bosku yang mengamati perkembangan blog ku pun menyarankan untuk membuat blog ku memiliki domain pribadi. Biar terlihat lebih professional dan harga jika ada afiliasi blog pun bisa lebih tinggi. Namun, niat itu terkendala karena untuk meningkatkan layanan WordPress ke Premium haruslah menggunakan kartu kredit untuk transaksi, ditambah lagi biayanya yang dihitung tahunan.

Ketika aku sampaikan hal tersebut, beliau pun menyarankan untuk membeli domain sekalian hostingnya di Dewaweb, karena bisa dibeli tanpa menggunakan Credit Card ataupun PayPal. DewaWeb termasuk penyedia hosting murah dan berkualitas. Kualitas hosting nya dengan tagline #FasterHosting ternyata bukan tanpa alasan karena didukung oleh teknologi terbaik.

Screen Shot 2019-02-27 at 4.35.43 PM
Fitur Teknologi Hosting Dewaweb

Saat aku cek website nya pun, aku yang masih buta mengenai Cloud Hosting inipun akhirnya dibantu dengan Ninja Support nya DewaWeb. Setelah bertanya-tanya mengenai hal ini, akhirnya aku diarahkan untuk memilih paket cloud hosting yang sesuai dengan kebutuhanku.

Screen Shot 2019-02-27 at 4.59.39 PM
Paket Cloud Hosting Dewaweb

Alhamdulillah, setelah mengetahui adanya DewaWeb, akupun berniat menabung untuk membeli paket cloud hosting yang terbaik untukku. InsyaAllah, setelah mendapatkan hosting terbaik dari DewaWeb, membuat tulisan di blog pun semakin semangat dan suksespun dapat diraih dalam menjadi seorang nara blog. May Allah Permit~

One thought on “Kiat Sukses Blogging dengan Hosting Tercepat

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: