Master Dream Plan – UK Study Exhibition

Master Dream Plan – UK Study Exhibition

Ketika rencana setelah studi telah ditentukan, kini masa persiapan pun dimulai. Mau kemana kah kamu? 

Karena sesungguhnya ketika kita telah melewati satu fase dalam kehidupan, maka alangkah baiknya kita mempersiapkan langkah menuju fase berikutnya. Aku sendiri pun setelah lulus sidang, mulai mempersiapkan diri untuk mencari berbagai info untuk melanjutkan program S2 di luar negeri. Seperti surfing di Google, nanya2 ke kakak kelas, sampai mengikuti study exhibition atau pameran pendidikan.

Pameran pendidikan merupakan sebuah sarana informasi yang sangat bagus untuk tau lebih banyak mengenai rencana studi ke depannya. Makanya kalo bisa jangan males nyari info-info mengenai pameran pendidikan terutama di luar negeri, karena pasti ada setiap tahun. Tinggal kitanya aja nih, rajin nyari infonya apa ga.

Sebelumnya pengen banget ikutan LPDP Edu Fair, tapi ternyata pas tau infonya, registrasinya udah lewat dan jadilah melewati event istimewa dari LPDP ini. Akhirnya setelah nyari-nyari, nemu deh tuh pameran pendidikan khusus di Inggris yang diselenggarakan oleh British Coucil pada tanggal 4-5 Maret 2017. Akupun menghadiri pameran ini pada tanggal 4 nya aja.

Jadi, ada apa sajakah di pameran pendidikan ini?

Jawabannya. Banyak.

20170304_163423
Alasan kenapa kuliah di Inggris

Saat sampai di Fairmont Hotel dan memasuki wilayah pameran, disana disambut dengan meja registrasi ulang yang sebelumnya aku udah daftar secara online. Terdapat berbagai hiasan dan informasi mengenai kuliah di Inggris disana, seperti kenapa kuliah di Inggris dan bendera Inggris yang besar ini. Di lobby utama pun terdapat berbagai booth yang menyediakan beragam informasi dan promosi yang berhubungan dengan rencana kuliah ataupun perjalanan ke luar negeri.Setelah cukup melihat suasana di lobby, akupun mulai masuk ke wilayah exhibition yg terdapat berbagai stand kampus yg ada di Inggris. Terdapat berbagai stand kampus yg siap memberikan informasi mengenai kampus mereka. Disini aku cuma liat2 aja karena stand kampus yg aku pengenin rame banget.
 

Lanjut dari stand univ exhibition nya, akupun mulai naik ke atas untuk ke ruangan seminar. Sebenernya disini ada 3 ruangan yg dipake, satu untuk talkshow yg ternyata ada Gita Gutawanya, terus satu ruangan lagi untuk tes ielts, nah di ruangan terakhir inilah ada seminar. Pas aku liat jadwal di guide book nya, ternyata jam 1 ada seminar tentang jurusan pendidikan di Inggris oleh Bristol University. Karena rencananya pengen ngelanjutin S2 yg lebih practical, maka diniatkanlah untuk mengikuti seminar ini.

Karena masih ada waktu 2 jam sebelum seminar dimulai, akupun berkeliling untuk mencari informasi mengenai beasiswa ke Inggris. Ketemu deh tuh stand Chevening. Nanya2 deh ke kakaknya mengenai beasiswa Chevening ini. Dari tanya jawab mengenai Chevening, ini beberapa informasi yang didapat:

1. Beasiswa Chevening diadakan satu tahun sekali dan berlangsung selama setahun. Biasanya pendaftaran beasiswa Chevening dibuka pada bulan Agustus – September

2. Beasiswa Chevening bisa untuk berbagai universitas yang ada di Britania Raya

3. Beasiswa ini full-funded dari pemerintah Inggris

4. Syarat untuk dapat mengajukan beasiswa Chevening bisa dilihat di situs Chevening

Nah karena saat itu aku masih belum officially lulus dan wisuda, ditambah belum eligible banget, jadilah untuk beasiswa Chevening ini menjadi referensi aja.

Setelah tau tentang beasiswa Chevening, akupun keliling dan menemukan stand beasiswa LPDP. Nah ini nih yang dicari 🤔 Langsung deh tuh ke depan kakaknya dan menanyakan berbagai hal.

Beberapa pertanyaan pun diajukan, mengenai cerita gimana kakaknya bisa kuliah di UK, kegiatannya apa aja disana, tips dan trick segalanya lah, sampe akhirnya pada kesimpulan belum bisa ikut tahun ini karena belum punya ijazah. Nice 👌 (padahal baru tau kalo ternyata bisa pake skl, namun sudahlah semua pasti ada hikmahnya~)

Karena tahun 2017 ini LPDP hanya diadakan satu tahun sekali, maka peluang untuk apply beasiswa LPDP pun ditunda dan memilih untuk mempersiapkan untuk tahun depan. 😂

Lanjuutt, setelah sholat zuhur dan mempersiapkan mental untuk menerima materi seminar, masuklah kita ke ruangan untuk mendengar materi mengenai jurusan pendidikan di Inggris yg disampaikan oleh perwakilan dari Bristol University.

Materi seminar yang disampaikan pun cukup menarik perhatianku, karena di Inggris jurusan pendidikan itu luas banget dan dapat diaplikasikan dalam berbagai aspek. Jurusan yang ditawarkan pun variatif sehingga bisa menyesuaikan dengan kita ingin condong kemana.

Setelah mendengar penyampaian materi seminar tersebut, dibuka sesi tanya jawab yang akupun ikut menanyakan perihal dibutuhkannya pengalaman kerja sebagai syarat masuk univ dan jurusan ini. Maka ternyata memang benar, di Inggris rata2 jika ingin S2 harus memiliki pengalaman kerja yang cukup sehingga dapat menjadi referensi akan kontribusi kita dalam bidang yang akan kita ambil.

Well, informasi akan jurusan pun sudah diketahui, maka akupun kembali turun dan berkeliling kembali di lokasi pameran. Karena dari awal memang ingin mengetahui informasi kuliah di Inggris, maka aku rasa informasinya sudah cukup, dan disimpulkan bahwa tahun ini aku harus ‘mempersiapkan diri’ terlebih dahulu alias tidak bisa apply untuk tahun ini karena belum siap banget seperti belum tes ielts, belum punya ijazah, belum punya pengalaman kerja yang jika aku ingin mendapatkan beasiswa harus memenuhi syarat-syarat tersebut.

Alhamdulillah, dengan ikut pameran pendidikan seperti ini akan membuat kita lebih waspada dan mendapatkan informasi untuk perencanaan pendidikan kita ke depannya. Jadi, aku sarankan, mau kemanapun kalian, cobalah untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu dalam mencari berbagai informasi. Walaupun belum bisa apply, yang pasti aku sudah cukup mendapatkan informasi untuk mempersiapkan langkah lebih baik lagi 😋.

 

23-28-20-CV924053_download
Photobooth sekalian di sholawatin

Karena segala sesuatu yang ditunda itu bukan berarti kesempatan itu terlewati, namun harus dipersiapkan lebih baik lagi. Usaha tidak akan mengkhianati hasil bukan?

Karena apa lagi?

Everything that’s meant to be it will be~ 

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: