Mengenal Wisata Pulau Bangka

Setelah mengetahui bahwa Bangka Belitung itu berbeda pulau namun satu propinsi, pastinya penasaran dong, apa perbedaan diantara keduanya terutama tempat wisatanya? Maka disini akan dibahas beberapa rekomendasi wisata yang ada di pulau Bangka. 

Karena berada di wilayah kepulauan, maka pastinya di sekeliling pulau Bangka adalah laut, dengan beragam tanjung dan teluknya karena bentuk pulaunya sendiri yang berliku. Jadi untuk wisata di pulau Bangka umumnya adalah wisata alam yang berhubungan dengan air seperti pantai dengan kekayaannya masing-masing. Dengan banyaknya pantai, maka ini beberapa tempat wisata pantai yang bisa kalian kunjungi jika ke pulau Bangka. Sebelumnya, sangat disarankan untuk memiliki kenalan ataupun tour guide jika mengunjungi Bangka, karena jika berpergian sendiri, maka akan bingung juga dan jatohnya lebih mahal karena harus menyewa mobil dengan jarak antar tempat lumayan jauh.

Untuk sekedar informasi, karena jarak satu kabupaten/kota nya lumayan jauh dengan melewati hutan dan menghabiskan waktu perjalanan yang lumanyun, maka ini aku kasih saran untuk tempat wisata yang umumnya dikunjungi dengan jarak yang cukup jika dijangkau dari bandara Depati Amir yang berada di Pangkal Pinang.

Bandara Depati Amir pun kini banyak perubahan yang bikin takjub karena udah lama banget ga pulang ke Bangka, maka pas sampe sempet udik gitu, karena kaget pesawatnya kok ga berhenti di bandara yang biasanya, eh ternyata bener kan bandaranya pindah, dengan gaya ala terminal 3 Soetta yang serba kaca gitu (gaya) XP wkwk. Tapi jujur, terharu plus bangga loh ada perubahan di bandaranya, karena jujur, sebelumnya bandara Bangka itu kecil banget, sehingga kurang efisien kalo lagi banyak yang dateng ataupun pergi dari bandara.

1276586493

Bandara Depati Amir Lama


depati-amir-airside_20170111_164856

Bandara Depati Amir Baru


Nah keliatan kan bedanya? Makanya terharu pas masuk, serasa kaya masuk bandara di Korea kemaren. :”) wkwk
Oke, berlanjut dari bandara, mulai disinilah perjalanan kita menuju tempat wisata. Apa saja tempat wisata yang biasa dikunjungi oleh para turis? Cekidot!

  1. Pantai Pasir Padi 
20150320_122318

Pantai Pasir Padi

Tempat wisata pantai yang pertama adalah Pantai Pasir Padi yang konon katanya karena pasirnya berbentuk seperti bulir padi. Pantai ini jaraknya kurang lebih 8 km kalo dari pusat kota Pangkal Pinang. Disini termasuk pantai yang sudah diatur sedemikian rupa untuk tempat wisatanya, terbukti dengan banyaknya fasilitas yang disediakan seperti toilet, pusat informasi dan restoran serta olahraga air yang bisa diakses oleh para wisatawan disini. Keunikan dari pantai ini adalah kawasan pantai yang landai berisi pasir warna putih sepanjang 2 km dengan kontur pasir yang enak kalo dipake jalan ataupun jika menggunakan kendaraan.

Restoran Aroma Laut

Restoran Aroma Laut

Karena merupakan salah satu tempat wisata yang potensial, maka restoran yang ada disinipun beragam. Terakhir kali aku kesini tuh tahun 2015 apa yak, nah disana makan di restoran Aroma Laut yang bentuknya dari kapal laut yang dipake untuk berlayar. Dari kapal laut ini ditransformasi menjadi sebuah restoran dengan hidangan laut yang nikmat. Konsepnya sih, kapal laut terdampar yang disini kita bisa langsung melihat pemandangan pantai yang luas nan menyejukkan. Hehe

2. Pantai Parai Tenggiri 

parai-resort-bangka-beach

Pantai Parai Tenggiri

Masih di daerah Bangka, namun kita lebih menuju ke daerah Sungai Liat, lebih tepatnya ke pantai Parai Tenggiri. Untuk pantai ini, kamu akan menemukan berbagai kemewahan di sekitar pantai ini karena memang pantai ini dikelola sebagai tempat wisata yang baik. Maka dengan adanya Parai Beach Resort, bisa melengkapi perjalanan wisata kamu dengan menikmati berbagai fasilitas yang ada, seperti penginapan berupa cottage dan bungalow yang beragam, permainan seperti banana boat, parasailing dan jetski, bahkan snorkling bisa dilakukan disini.

paraibeachresort

Jembatan menyebrangi pantai

Selain itu, keunggulan dari pantai Parai Tenggiri ini adalah bebatuannya yang tersusun dengan rapi, lalu ombak nya yang kecil, sehingga sangat nyaman untuk dikunjungi. Oh ya, kalo mau ke Parai Beach Resort nya, ada restoran dan juga jembatan panjang yang menyambung dari tempat penginapan ke pendopo yang berada di tengah laut. Beuh seru banget kan? Tapi untuk menuju pantai ini, harus menghabiskan waktu perjalanan selama kurang lebih 1 setengah jam jika dari Pangkal Pinang, so, siapkan jadwal wisata dengan baik ya!

 
3. Pemandian Air Panas Tirta Tapta Pemali

BANGKA-AIR-PANAS-PEMALI

Pemandian Air Panas Pemali

Destinasi selanjutnya, masih di Sungai Liat adalah Pemali! Bukan pamali yak. Hehe Ini teh nama suatu desa yang berjarak 28 km dari kota Sungai Liat. Apa istimewanya dari tempat wisata ini? Well, dari namanya udah ketauan kok, kalo ini merupakan tempat khusus pemandian air panas alami yang berasal dari sumber mata air alami. Sumber mata air panas ini mengandung sulfur namun tidak berbau yang tentunya banyak sekali khasiat yang dapat dirasakan.

tirta-tapta-pemali-di-bangka_20160201_101915

Aneka Permainan Air di Pemali

Disini ga cuma ada pemandian air panas aja, tapi ada juga kolam yang terdapat permainan seperti waterboom, ember tumpah dan lainnya yang bisa dinikmati bersama keluarga. Selain itu ada juga beberapa wahana dan kebun binatang mini yang bisa dilihat di sekitar kawasan tirta tapta ini. Jadi, siapkah untuk menikmati mata air panas alami di Bangka?

 
4. Pantai Tanjung Kalian

6d316e8e-c92a-4136-92ba-dc903f6131a9

Pantai Tanjung Kalian

Beralih dari Pangkal Pinang yang berada di pusat kota, kita menuju ke ujung pulau Bangka yaitu Muntok yang berada di Bangka Barat. Pantai ini berada di dekat pelabuhan Tanjung Kalian sendiri yang menjadi pusat transaksi dan transportasi ke Bangka karena menjadi penghubung antara pulau Bangka dan pulau Sumatera. Pantai ini memiliki ciri khas berupa mercusuar yang bisa dinaiki sampai atas, yang terdapat ratusan anak tangga dengan jarak antar tangga yang cukup jauh. Jadi, kalo mau naik ke atas siapin tenaga sama mental yah. Hehe

Di pantai Tanjung Kalian ini ga beda jauh dengan Pantai Pasir Padi, namun disini lebih banyak sisa peninggalan seperti kapal karam, mercusuar dan memorial mengenang korban Banka Massacre. Dulu sering banget kesini karena pas sore banyak yang menjual otak-otak sebagai cemilan dan main di sekitar kapal karam. Untuk naik mercusuar harus bayar tiketnya, yang aku gatau kalo sekarang berapa, kalo dulu sih 2000 an, mungkin sekarang naik. Ini ada beberapa snapshot untuk pemandangan dari atas mercusuar. Sebenarnya ada banyak juga pantai di daerah ini, tapi sayangnya belum sempat nge eksplor hehe nanti kalo adapun ditambah ya.


 
5. Pantai Babé (Batu Bersimpuh) 
IMG_5868

Pantai Babé

Nah, setelah melalang buana dari pusat kota, marilah kita ke ujung Bangka lainnya yaitu di desa Teluk Limau. Kalo sebelumnya kita ke tanjung marilah ke teluk (apasih) wkwk. Tapi seriusan, di Teluk Limau ini ada pantai yang belum banyak terjamah oleh manusia dan masih sangat alami. Lokasi pantainya ini berada di pesisir Pantai Pasir Penyu yang umumnya sudah banyak orang yang mengetahuinya, namun ketika disusuri, ternyata terdapat fenomena alam yang MasyaAllah luar biasa. Karena selama bertahun-tahun terdapat sebuah batu yang berdiri tegak dan hanya di tahan oleh sebuah batu kecil. Bentuk susunan batu ini pun terbilang unik karena seperti seseorang yang sudut duduk bersimpuh. Maka inilah asal mula kenapa pantai ini disebut dengan pantai Babé alias Batu Bersimpuh karena fenomena alam dengan batunya ini.

_MG_4563

Batu Bersimpuh

Karena daerah ini masih belum banyak terjamah, dan lokasi yang cukup dalam dan berliku, jadi harus ditemani dengan orang yang sudah berpengalaman. Untuk melihat batu bersimpuh pun harus melalui berbagai jalan yang berliku melewati bebatuan indah lainnya sepanjang pantai ini. Lalu, untuk berenang di pantai ini pun karena masih sepi dan cenderung tertutup karena di kelilingi oleh pohon kelapa yang tinggi dan lokasi yang agak mendalam karena berada di teluk, maka pantai inilah yang sempurna untuk dikunjungi jika ingin merasakan pengalaman memiliki ‘pantai pribadi’. Jika lelah pun dapat beristirahat di pondok rumah yang disediakan, namun harus bilang dulu sebelumnya. Bilangnya ke siapa? Ke saya boleh sekalian nanya-nanya juga silahkan. Hehe 🙂

Jadi, udah nentuin pilihan mau berkunjung kemana? Yang pastinya sih, ke Bangka nya dulu aja kali ya, baru deh milih mau kemana jalan-jalannya. Hehe. Well, sekian pengenalan tentang wisata pulau Bangka dari aku, semoga bisa jadi inspirasi serta motivasi buat kesini ya!

 
 

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

  1. Pingback: Memulai Peradaban dari Izzatul Quran Bangka Barat - A Little Note