Menjadi Freelance – Bedanya dengan Magang?

Menjadi Freelance – Bedanya dengan Magang?

Berlanjut dari seri sebelumnya, kini kehidupan magang mulai berlanjut menjadi freelance. Well, sebenernya apa sih bedanya magang dan freelance? Bukannya sama aja? Hmm, daripada kepo yuk baca lebih lanjut aja. 

Biasanya anak magang itu kemungkinan besar emang kalo udah pewe orang sananya bakal disuruh ngelanjutin. Ya kaya nasib aku sekarang ini. Walaupun dah promote kemana-mana dan doa supaya cepet nemu yang gantiin aku, tapi ternyata Tuhan berkehendak lain.. Status ku sebagai anak magang pun diangkat menjadi freelance.

Freelance sendiri pun kalo dijelasin secara pengertian sih kaya seseorang yang menjadi partner perusahaan tersebut yang ikut membantu kerja perusahaan tersebut namun tidak terikat peraturan perusahaan namun melakukan perjanjian melalui kontrak. Jadi ya freelance sebenarnya tergantung kesepakatan antara kamu sama perusahaan dua-duanya maunya gimana. Kebetulan waktu itu pas aku diminta jadi freelance aku maunya ga ke kantor dan ngerjain tugasnya di rumah aja soalnya emang ortu ga ngizinin kalo akunya harus kesana terus. Karena dari kantornya juga akhirnya mengizinkan pun sepakatlah dari masing-masing pihak untuk ngontrak aku jadi freelance yang ga usah ke kantor dan dengan gaji yang dinaikkan pula. Hoho.

Selain jadi freelancer SEO, aku juga jadinya sekarang jadi content writer yang menulis konten untuk kebutuhan artikel blog asset. Tapi untuk nulis konten aku tergantung vendornya, kalo dari merekanya belum ngirim, nge back up deh buat bikin artikelnya. Enaknya juga sekarang jadi penulis konten aku dibayar berdasarkan tiap artikel yang aku bikin. Jadi ya kembali lagi, everything that’s meant to be it will be. Dari dulu pengen banget bikin hobi jadi pekerjaan. Karena seneng nulis blog dan jadinya nulis konten pun bikin seneng ngerjainnya. Kadang disuruh nge desain juga yang dibayar juga. So, kalo dipikir emang yang namanya hobi tuh kalo bisa hobi yang sesuai sama skill kamu yang bisa dipake sama orang. Kalo kamu udah cukup pro bisa tuh harganya dinaikkin, tapi disesuaikan yah biar ga kemahalan. Hehe

Menjadi freelance untuk minggu pertama cukup kerasa sih bedanya. Kalo dulu mungkin pas magang bisa fokus kerja diatas meja dan dengan akses internet unlimited, nah semenjak jadi freelance kerjanya jadi ga begitu fokus tapi bisa dimana aja kapan aja. Ya walaupun karena sekarang akses internet nya masih pake tethering hp, aku nikmatin banget kerjaan yang ada sekarang dan tetap berusaha memberikan yang terbaik. Hehe

Jadi, bagi kalian yang belum magang atau sedang magang sekarang, terutama di tempat magang yang sesuai passion kamu, usahain buat banyak kontribusi dan kasih kesan yang baik untuk temen se tim kamu, terutama bos kamu. Karena kesempatan untuk freelance terutama di agensi atau perusahaan swasta itu banyak banget. Selain karena kultur perusahaan agensi itu dinamis dan selalu siap akan perubahan jadi ga heran kalo mereka bakal mau aja nge hire kamu jadi freelancer pas tau kamu berpotensi. Apalagi pas kamu masih kuliah nih, kapan lagi coba bisa kerja sambil kuliah kaya freelance?

Freelancer is a serious business

So, don’t hesitate to take this decision and give your best shot! Take risks, explore new experience and keep on believing that everything that’s meant to be it will be.

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: