Menjalani Skripsi – Apa Kabar Bab 1?

Menjalani Skripsi – Apa Kabar Bab 1?

Halo! Apa kabar skripsi kamu? Well, abis dari permulaan pastinya ada progress dong, dan alhamdulillah progress aku dah masuk ke Bab 1. Eits tapi jangan dikira dari Bab 1 bisa lanjut ke bab selanjutnya, karena perlu kalian tau kalo Bab 1 itu adalah bagian yang paling lama dibuat. Kenapa? Karena dia adalah pondasi utama dan segala-galanya bagi bab yang lainnya. Jadi, apa kabar Bab 1? 

Yang namanya konsul emang ga cukup sekali, harus berkali-kali biar ada progressnya. Nah, dari akhir September lalu aku udah tekadin tuh kalo harus kelar Bab 1 bulan Oktober ini. Dengan durasi per 2 minggu. Kenapa aku bilang 2 minggu? Karena kalo kalian tau, yang namanya bagi anak HI itu nulis dan mikirnya tuh butuh lama dan mateng, apalagi abis konsul tuh banyak hal yang bikin nyelekit. Jadinya mau gamau dicari lagi mood nya dan waktu 2 minggu sih paling ideal menurut aku, dibanding kalian buru-buru banget.

Buat Bab 1 emang progress yang lama banget (katanya) untuk dibikin, karena jelas, Bab 1 adalah pengenalan yang secara ga langsung ngasih tugas buat ngegambarin keseluruhan isi skripsi kamu. Kalo Bab 1 nya aja ga jelas, gimana orang yang baca bakal ngerti yang mau kamu bahas apa? Jadi wajar banget kalo misalnya Bab 1 itu harus mengalami proses yang sangat panjang karena emang dia segala-galanya untuk menuju ke bab selanjutnya.

Nah, karena dah tau nih kalo Bab 1 adalah segala-galanya, jadi isi Bab 1 apa aja sih? Kenapa sih penting banget buat dibahas dan diperhatiin?

Karena kampus aku basic nya bahasa Inggris, sama ada formatnya sendiri, jadinya mungkin agak berbeda sama skripsi kalian, tapi ya ga jauh beda juga sih kayanya. Jadi apa aja isinya? Check this out!

Chapter 1 INTRODUCTION 

1.1 Background of the Study

1.2 Problem Identification

1.3 Statement of the Problem

1.4 Research Objectives

1.5 Significance of the Study

1.6 Theoretical Framework

1.7 Literature Review

1.8 Research Methodology

1.9 Scope and Limitation of the Study

1.10 Definition of Terms

1.11 Structure of the Thesis

Hayoloh banyak bener kan? Tapi tenang aja, setiap dosen dan kampus beda-beda jadi ga semuanya harus kaya gini banget formatnya. Penasaran ga nih apa aja yang dimaksud dari sub bab diatas? Sini tak jelasin yah hehe 😀

1.1 Background of the Study

Ini teh kalo bahasa Indonesia namanya latar belakang. Jadi dalam skripsi kamu ini apa yang melatar belakangi kamu dalam membuat skripsi ini? Dalam bagian ini kamu bisa masukin sejarah yang menimbulkan topik kamu. Sebagai contoh, karena aku ngambil contoh Google VS China, otomatis aku ambil latar belakang timbulnya internet censorship yang ada di Cina, karena negara ini kan termasuknya tertutup, jadi jelas, latar belakang Cina netapin kebijakan internet censorship karena karakter negara yang tertutup.

1.2 Problem Identification

Kalo udah tau latar belakangnya, berlanjut nih ke pokok permasalahannya atau identifikasi masalah. Dari latar belakang nya, masalah apa yang timbul? Ini hubungannya antara variabel dependent sama independentnya. Jadi kalo aku dari internet censorship Cina, jadinya ngebuat kebijakan Google terganggu yang notabene nya sebagai search engine. Jelasin deh tuh serinci-rincinya masalah yang terjadi sehingga dosen dan pembaca pun jadi jelas maksudnya apa dan mau ngebahas apa sih.

1.3 Statement of the Problem

Pernyataan masalah atau pertanyaan penelitian adalah tahap selanjutnya. Latar belakang udah jelas, pokok permasalahannya udah ada, terus tanyain deh. Jadi dari masalah tersebut apa yang ingin diketahui? Efek nya kah? Atau kebijakannya apa aja kah? Bebas mau nanya apa aja. Biasanya sih kalo untuk pertanyaan ini pakenya kalo ga What, How dan Why. Tapi kembali lagi, harus fokus nih yang mau ditanyain itu fokus bagian mananya? Jangan sampe kelebaran. Kalo aku jadinya What are the effects of this policy to Google? Dalam hal ini Cina. Jadi nanti jawabnya yaudah dalam analisa nya fokus apa aja efek yang ditimbulkan.

1.4 Research Objectives

Tujuan kamu bikin skripsi atau penelitian ini apa sih? Harus ada tujuannya dong, masa mau digantungin aja? Haha. Jadi jelasin nih tujuan kamunya apa, misalnya buat memberi pemahaman akan pentingnya peran negara terhadap bisnis lah, atau apapun, pokonya yang berkaitan dengan topik masalah kamu.

1.5 Significance of the Study 

Nah, kamu kuliah lama tapi ngerjain skripsinya sesuai ga sama apa yang udah kamu pelajari? Makanya itu pembelajaran signifikan jadi isinya kaya disesuain gitu, misalnya dalam hal ini untuk menambah pengetahuan dan bagaimana hal ini menjadi berpengaruh. Aku disini ambil istilah state-control policy sama national interest yang aku pelajari di HI.

1.6 Theoretical Framework

Bedanya skripsi itu ga asal  nulis, harus berdasarkan teori yang ada. Teori nya pun harus berhubungan sama yang dipelajari yah. Jadi, ambil teori yang kira-kira bisa kamu sambungin ke topik kamu. Aku ambil teori realis sama cyber security yang berkaitan dengan topik ini.

1.7 Literature Review 

Selain berdasarkan teori, otomatis teori itu dapet darimana? Ya dapet dari buku-buku dan jurnal internasional yang ada. Nah, dalam bagian ini kalian tulis tuh buku apa yang udah dibaca dan direview disini. Singkat aja kok! Kalo dosen aku nyuruhnya sih minimal 7 buku yang harus direview. Hadeh –“

1.8 Research Methodology

Metode penelitiannya gimana nih. Dalam skripsi biasanya ada dua, mau itu kualitatif atau kuantitatif. Nah kalo yang sosial gitu sih biasanya ambil kualitatif, kalo kuantitatif berdasarkan survey atau kuisioner gitu. Untuk metode kualtitatif lebih banyak ke mencari data dalam menjawab pertanyaan penelitian, dan melihat teori yang ada. Jadi, ya pastinya harus banyak baca kalo menggunakan metode kualitatif.

1.9 Scope and Limitation of the Study

Terus, biar skripsi kamu ga kelebaran dan kejauhan ngebahasnya, otomatis harus dibatasi dong. Nah di bagian ini kamu jelasin deh dibatesinnya dalam hal apa. Mau dari aspek politik nya kah atau ekonomi nya aja, pokoknya itu semua harus ditulis secara jelas gimana.

1.10 Definition of Terms

Di bagian sub bab yang ini kamu bakal ngejabarin berbagai definisi yang ga familiar, jadi kaloada istilah2 yang ga biasa di dalam skripsi kamu bisa kamu tulis di bagian ini biar gampang pembaca ngartiinnya. Contoh, Ministry of Public Security (MPS) ini istilah yang bakal sering muncul dalam skripsi aku, jadi aku masukin aja biar nanti kalo orang baca MPS maksudnya ya Ministry of Public Security itu.

1.11 Structure of the Thesis

Struktur skripsi seperti apa yang bakal kamu bahas? Yaudah nih dijelasin disini. Setiap dosen beda-beda jadi untuk masalah ini langsung konsul ke dosen pembimbing masing-masing yah.

Gimana? Cukup jelas kan yah definisi masing-masing bab? Semoga bisa dipahami yah. Semoga juga yang lagi skripsian tetap semangat mengerjakan skripsinya! Okeh?! Tenang, slow but sure aja skripsi tuh, tapi jangan kelamaan juga, kalo extend bisa berabe tuh masalahnya. Haha

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: