Menjalani Skripsi – Bab 2 dan 3

Menjalani Skripsi – Bab 2 dan 3

Hello! Kembali lagi dengan update “Menjalani Skripsi”, alhamdulillah udah move on nih dari Bab 1 dan langsung ngerjain Bab 2 dan 3. Nah, ko bisa sih langsung Bab 2 sama 3? Bisa dong, karena sebenernya Bab 2 dan Bab 3 adalah yang paling mudah namun sebenarnya krusial untuk dikerjakan. Kenapa krusial? Yuk cari tau alasannya! 

Jadi, kalo di kampus aku, sebenernya ga ngerti juga format penulisan skripsi tergantung sama dosennya masing-masing. Gatau sih kalo di kampus kalian gimana, tapi di kampus aku begitulah keadaannya. Maksud formatnya gimana sih? So, ada beberapa temen aku yang dapet dosbing nya yang mau format nulis skripsinya bab 2 tentang literature review dan bab 3 nya research methodology yang mengikuti standar luar negeri, dan ada juga beberapa dosbing yang memilih format bab 2 membahas variable independen dan bab 3 membahas variable dependent. Kalo aku sendiri sih dapet dosbing yang meminta membahas variable untuk bab 2 dan 3 nya.

Lalu, setelah sekian lama berkutat di Bab 1 yang memang fondasi dari skripsi aku, sampe 4 kali revisi, alhamdulillah akhirnya dosbing bilang untuk melanjutkan ke bab 2 dan 3. Yaudah deh tuh dalam 2 minggu kerjain tuh bab 2 dan 3. Untuk bab 2 sendiri aku membahas Cina sebagai independen variable dan Google sebagai variable dependent di bab 3.

Nah, jadi sebenernya saat bikin bab 2 dan 3 itu kita masing-masing fokus kepada kasus yang ingin kita bahas. Kalo mungkin bab 2 nya aku fokus membhahas latar belakang Cina dari sudut pandang mereka, maka nanti kita akan compare dengan pandangan Google sebagai bagian dari U.S yang akan dibahas di bab 3. Makanya itu kalo bisa bikin bab 2 dan 3 harus saling mengisi dan memperhatikan, karena apa? Karena ini adalah bahan untuk kamu bahas di Bab 4 yaitu analisis.

Terus gimana tuh tips nya agar bisa ngerjain Bab 2 dan 3 sekaligus?

Pertama, bikin timeline dan target yang jelas.

342646
Bikin reminder di hp

Pastinya kalo mau skripsi kamu cepet kelar harus dikira-kira target nya mau selese kapan. Karena aku pengen banget Desember ini kelar skripsinya, yaudah deh tuh minimal seminggu sekali konsul dengan salah satu dosbing, maksimal bisa konsul ke dua2nya. Makanya itu aku selalu bikin jadwal dan reminder mengenai jadwal aku konsul. Selain bikin timeline nya, tulis target mau ngerjain kapan dan occassion apa aja yang kamu punya biar ga lupa juga. Nah, setelah ditulis dikerjain dong yah. Jangan cuma ditulis aja di kalender. Okeoke?
 
 
 
Kedua, seimbangkan waktu kamu!

Lah? Maksudnya apa nih seimbangin? Ya gini nih, yang namanya kita manusia pastinya harus hidup seimbang, serius iya, tapi hiburan butuh juga dong. Maka dari itu, walaupun kalian lagi skripsian, hiburannya juga jangan lupa dilakuin yah, biar ga stress2 amat. Kalo aku, jadiin weekend bener2 waktu istirahat, paling pas malem nyicil2 ngerjain, atau pas lagi mood, atau ga ada kerjaan, yaudah kerjain deh. Usahain kalo kalian lagi di perpus atau kampus, fokus buat ngerjain skripsi yah pokonya. Usahain target yang kamu bikin untuk hari ini diselesaikan. Kalo udah stuck, baru deh bisa istirahat bentar, kalo Muslim, waktu sholat adalah istirahat terbaik loh. Hehe

Ketiga, hukuman jika kebablasan.

Wah, kebablasan apa nih? Pas kalian lagi asik-asiknya hiburan, kaya lagi nonton youtube atau hal lain yang seharusnya kalian ngerjain skripsi dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka hukumilah diri kalian dengan melebihkan waktu mengerjakan skripsi, baik dalam jam nya ataupun harinya, pokoknya target dalam seminggu itu harus bisa dikerjakan dengan baik dan tuntas. Mau kalian begadang atau sampe gabisa main, ya itu resiko kalian karena telah “mencuri” waktu mengerjakan skripsi kamu. So, dengan filosofi dan komitmen seperti itu akan membantu kamu dalam disiplin mengerjakan skripsi.

Keempat, kejar dosbing sampai dapat!

Jangan kira ketika ngerjain bab 2 dan 3 dengan lancar kalian bisa langsung santai ngerjain bab 4, karena ga semua yang kamu tulis itu bener loh. Apalagi dosbing nanti saat sidang akan menguji skripsi mu, otomatis dia harus tau dong isi skripsi mu apa. Nah, makanya kalo bisa setiap minggu konsul sama dosbing untuk minta pendapat dan revisi bab yang udah dibikin. Pastinya dosbing yang sibuk harus dikejar biar bisa konsul. Kejar gebetan aja harus kekeuh, apalagi sama dosbing, kekeuh kuadrat! Jadi, jangan males ketemu dosbing yah, kejar terus sampe skripsi kamu bisa dia terima. Hehe

Kelima, isi terus batere semangatmu!

Karena bab 2 dan 3 ini sebenernya sangat berbeda karena membahas 2 sudut pandang, maka yang namanya semangat tuh harus diisi terus. Kenapa? Karena kalo udah ga mood atau males ngerjainnya, mana dua hal ini berbeda, maka buat ngerjainnya pun bakal gamau. Makanya, aku pernah bilang di awal kalo ngerjain skripsi kalo bisa yang kamu penasaranin biar pas ngorek2 tentang kedua variable itu jadi semangat dan semakin penasaran buat tau apa jawabannya. Selain itu, pastikan batere semangat kamu diisi dengan dukungan dan semangat dari orang-orang sekitar. Inget orangtua dan target kamu setelah lulus nanti apa. Apalagi kalo yang extend akan bayar uang kuliah lagi yang lumayan harganya, so, harus semangat yah!

Well, mungkin ini aja beberapa tips yang bisa aku kasih. Maaf banget udah lama ga nulis, soalnya emang lagi sibuk-sibuknya skripsian. Sama lagi ngegarap beberapa kerjaan juga. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi penyemangat bagi kalian juga.

Inget, yang namanya suatu usaha akan selalu dilihat, mau gimanapun hasilnya, usahain aja dulu. Yakin bahwa everything that’s meant to be it will be. Kay? 😉

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: