Our Master Dream Plan – New Zealand ASEAN Scholar Awards Part 1

Our Master Dream Plan – New Zealand ASEAN Scholar Awards Part 1

Mimpi untuk melanjutkan S2 pun membawaku untuk mendaftar melalui beasiswa New Zealand.

Sudah tau belum kalo pemerintah New Zealand menyediakan beasiswa S2 khusus untuk negara2 ASEAN, termasuk Indonesia? Aku juga baru tau setelah mengikuti berbagai akun informasi beasiswa dan mengunduh aplikasi Youth Opportunities. Ternyata beasiswa ke New Zealand cukup menggiurkan!

Walaupun mahasiswa Indonesia jarang ada yg ke New Zealand, namun bukan berarti tidak ada ya. Karena ternyata kuliah di New Zealand tidak kalah dengan negara lainnya, ditambah lingkungan nya yg asri banget. Bahasanya pun ternyata ada sendiri.

Well, lanjut aja, untuk beasiswa The New Zealand ASEAN Scholar Awards (NZAS)  ini diselenggarakan oleh Pemerintah New Zealand, yang dikelola oleh Kementrian Urusan Luar Negeri dan Perdagangan melalui dana internasional dan program pengembangan New Zealand.  Beasiswa ini diperuntukkan untuk masyarakat negara ASEAN termasuk Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan Postgraduate Certificate, Postgraduate Diploma, Master Degree dan PhD, intinya untuk mereka yang sudah lulus pendidikan S1 ataupun S2 ke jenjang yang lebih tinggi.

Untuk jangka waktu pendaftaran beasiswa NZAS 2018 ini dimulai dari 1 Februari – 14 Maret 2018. Dalam proses pendaftarannya, kalian harus memiliki akun RealMe yang sebelumnya kalian harus mengupas abis informasi yang ada di website pemerintah. Setelah membaca dengan seksama dan lolos persyaratan untuk mendaftar, maka cus kita mulai apply beasiswanya!

Pertama login dulu ke akun RealMe kalian, kalo belum punya, maka daftarkan dulu diri kalian untuk membuat akun. Tunggu email konfirmasi dan coba login kembali. Dari sini, kalian sudah bisa mulai mengisi formulir aplikasi beasiswa.

Screen Shot 2018-04-27 at 8.58.39 PMScreen Shot 2018-04-27 at 9.00.23 PM

Setelah berhasil masuk, mari kita bahas satu persatu cara mengisi aplikasi beasiswa ini. Lumayan loh ada 9 halaman yang harus diisi. Untuk catatan, setiap kali setelah selesai mengisi ataupun ingin mengedit informasi dari halaman sebelumnya, maka gunakan tombol Previous Page dan Next Page yang berada di bawah halaman. Jangan menggunakan tombol back and next nya browser karena akan menghilangkan proses kita saat mendaftar, jadi hati-hati ya!

  1. Declaration 

Dalam halaman pertama ini, kalian bakal diminta untuk membaca beberapa pernyataan mengenai diri kalian dalam mendaftar beasiswa ini, berbagai pernyataan yang harus di ceklis untuk menyatakan bahwa kalian setuju terhadap pernyataan tersebut. Untuk bagian ini, hendaknya kalian bisa baca secara keseluruhan dan hati-hati agar tidak menjadi pertanyaan ke depannya.

2. Personal Details (Data Pribadi) 

Di halaman kedua ini, kalian akan diminta untuk mengisi berbagai identitas diri, seperti nama, alamat dan nomor telepon. Gunakan kode negara ya untuk nomor telpon yang ditulis. Untuk data lainnya sebenarnya sudah otomatis terisi sendiri saat kita mendaftar akun RealMe.

3. Proposed Study Program (Program Studi yang Diinginkan) 

Di bawah data pribadi, ada kolom baru untuk memilih program studi yang diinginkan. Beasiswa NZAS ini memberikan 2 pilihan universitas yang diinginkan. Maka, hendaknya ketika mendaftar, kalian sudah tau terlebih dahulu jurusan apa dan kampus mana yang diinginkan. Untuk bagian ini, saya cukup lama melakukan riset mengenai kampus yang diinginkan, mulai dari lokasi, jurusan yang tersedia, sampai course yang ditawarkan. Lumayan menyita waktu memang, namun dalam menginginkan sesuatu butuh usaha bukan?

4. Study History (Riwayat Pendidikan) 

Pastinya ketika mendaftar beasiswa, riwayat pendidikan dibutuhkan untuk mengetahui latar belakang pendidikan kita. Di halaman ini, kalian isi pendidikan tertinggi terakhir kalian dan pendidikan apa yang kini kalian jalani (jika ada). Setelah itu akan diminta untuk menulis 4 penghargaan yang udah kalian raih baik itu akademik maupun non akademik, atapun publikasi yang udah kalian buat. To the point yah, karena hanya dibatasi 250 kata. Lalu, nanti kalian akan menulis rincian pendidikan terakhir kalian dan diminta untuk upload transkip nilai. Ingat, transkip nilainya harus sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris ya!

5. Work History (Riwayat Pekerjaan) 

Setelah riwayat pendidikan, aplikasi yang harus diisi adalah riwayat pekerjaan, baik itu full time ataupun part time. Dalam hal ini, selain mengisi informasi pekerjaan yang kalian lakukan, terdapat kolom yang meminta kita untuk menjelaskan tempat kerja kita bagaimana, tanggung jawab kita dalam tempat kerja itu apa, lalu apakah kita akan kembali pada tempat kerja ini dan berikan alasannya jika memang tidak dan selanjutnya ditanyakan pekerjaan apa yang akan kita lakukan setelah nanti kembali ke negara asal. Semua hal ini harus dijawab secara rinci namun jelas dan padat karena masing-masing pertanyaan hanya dibatasi 250 kata.

6. Development Relevance (Relevansi Pengembangan) 

Untuk bagian selanjutnya yang harus diisi adalah berbagai pertanyaan mengenai alasan kalian dari memilih program studi tersebut. Terdapat 3 pertanyaan yang masing-masing pertanyaan memiliki batasan 250 kata untuk menjawabnya. Pertanyaan yang ditanyakan adalah…

  • What skills and knowledge do you hope to gain from your proposed study? (Keterampilan dan ilmu apakah yang kamu harap dapatkan dari studi yang kamu usulkan?) 
  • โ€œWhy are the skills and knowledge you describe above important to your countryโ€™s development? (max. 250 words). Where possible you should refer to data and research that supports your argument (Kenapa keterampilan dan ilmu yang telah kamu jelaskan diatas penting untuk perkembangan negaramu?) 
  • How will you use your new knowledge and skills to contribute to the development of your home country? (Bagaimana kamu akan menggunakan ilmu baru dan keterampilan untuk berkontribusi kepada perkembangan negara asalmu?) 

Gimana pertanyaannya? Cukup singkat namun harus dijawab dengan benar-benar yah! Carilah jawaban berdasarkan niat dan alasan kamu yang sebenarnya dalam mengisi aplikasi ini. So, tanya dulu ya kepada hati, sebenarnya mau aku ngapain sih? Kenapa? Dan bagaimana yah? ๐Ÿ˜€

7. Competency Questions Instructions Page (Instruksi Pertanyaan Kompetensi)

Di halaman ini hanya berisi instruksi untuk menjawab pertanyaan yang ada di halaman selanjutnya, Untuk bagian ini, kalian harus mencari contoh yang benar-benar sesuai dengan kompetensi yang diminta.

Di bagian pertama adalah pertanyaan mengenai Relationship Management yang berisi 3 pertanyaan mengenai situasi, aksi yang kita lakukan dan apa hasilnya. Saat aku mengisi bagian ini, aku diminta untuk menggambarkan sebuah kondisi ketika penting bagi aku untuk bekerja dengan seseorang yang aku tidak begitu kenal, dan bagaimana aku membangun hubungan kerjasama yang baik dalam sekolah ataupun lingkungan kerja. Masing-masing pertanyaan memiliki batasan kata nya sendiri, jadi perhatikan dengan seksama ya!

Lalu di bagian kedua adalah pertanyaan mengenai Self Drive yang sama seperti sebelumnya berisi 3 pertanyaan namun dengan kondisi yang berbeda. Kali ini aku diminta untuk menjelaskan bagaimana aku ketika harus bekerja sangat keras untuk mendapatkan apa yang telah diwajibkan. Dalam bagian ini, coba cari contoh yang menunjukkan kondisi dimana kamu harus bekerja keras dan dapat mengontrol dirimu sendiri ketika dihadapkan dengan masalah.

8. Studying Overseas (Belajar di Luar Negeri) 

Semakin mendekati akhir dari pengisian aplikasi beasiswa NZAS nih! Tapi di bagian inilah kalian harus memikirkan jawaban yang matang, kalo bisa kalian tulis dulu secara offline (biar ga buang-buang kuota) biar nanti tinggal di copy paste kalo sudah mantap.

Pertanyaan yang ditanyakan pada halaman ini adalah:

  • Why did you decide to apply to study in New Zealand? (Or for Regional Development Scholarship applicants: Why did you decide to study at a Pacific Island country university?) (max. 250 words)
  • If you are successful in being awarded a scholarship, what challenges do you think you will face living and studying in a different country, and how do you intend to overcome these? Include both study and personal challenges. (max 250 words)

2 pertanyaan yang singkat namun membutuhkan jawaban yang meyakinkan. Hanya kenapa, apa dan bagaimana. “Kenapa memilih untuk belajar di New Zealand?” dan “Jika lolos, tantangan apa yang kamu pikir akan dihadapi ketika tinggal dan belajar di negara yang berbeda, dan bagaimana kamu menghadapi semua itu?”

Belum selesai sampai disini, dibawahnya lagi terdapat kolom yang berisi kemampuan kita dalam Bahasa Inggris. Untuk beasiswa S2 NZAS standarnya adalah IELTS 6.5 dimana masing-masing band tidak kurang dari 6.0 dan TOEFL IBT 90. Disini kalian akan diminta untuk menulis keterangan dari hasil tes IELTS kalian yang dimana hasilnya tidak lebih dari 2 tahun.

9. Where did you hear about the NZ Scholarship Programme? (Tick as many as applicable)

Halaman terakhir meminta kalian untuk mencentang sebanyak mungkin informan yang memberitahu kalian mengenai beasiswa ini. Cukup centang lalu submit deh aplikasi yang udah kalian isi! Tapi ingat, sekali kalian udah submit, maka tidak dapat diedit kembali.

Okeh, sekian untuk pengenalan dan cara mengisi aplikasi beasiswa NZAS ini. Untuk cerita bagaimana hasil dari aplikasi ini nantikan di post selanjutnya yah! See you! ๐Ÿ˜€

 

0 thoughts on “Our Master Dream Plan – New Zealand ASEAN Scholar Awards Part 1

  1. Assalamu’alaikuum kak thibiya, salam kenal sy Novia ๐Ÿ˜‹ sy taun ini jg lg nunggu pengumuman nzas n ytb turkiye ~~ anyway sy jg fulltime mom with 3 boys kak ~~ trmksh info2nyaaa

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: