Pengalaman Magang – Apa itu SEO?

Pengalaman Magang – Apa itu SEO?

Ngomongin magang, kerjaan aku di kantor ini adalah sebagai SEO intern. Mungkin banyak yang belum tau apa itu SEO, kadang orang ngartiin dengan istilah CEO. Padahal S sama C itu jauh banget loh. Nah, daripada bingung sebenarnya maksudnya apa, yuk kita bahas apa itu SEO.

SEO itu kalo dijabarin jadi Search Engine Optimization, orang yang ngerjain SEO namanya Search Engine Optimizer, temennya SEO itu SEM Search Engine Marketing. Tapi biar supaya fokus aku jabarin satu-satu deh yah apa itu SEO sendiri, kerjaannya ngapain dan fungsinya apa. Orang SEO itu ga ada lulusan kuliahnya, kata Head Officer aku, orang yang bisa SEO itu harus punya passion buat SEO, karena ini bersifatnya kontinyu dan masih banyak trial and error nya. Jadi, mau apapun jurusan kamu, minimal kamu bisa nulis dan demen ngotak ngatik, jamin dah SEO cocok banget buat kamu dalamin.

Okeh kita mulai penjelasannya~~

Search Engine Optimization merupakan suatu upaya dalam meningkatkan kualitas sebuah website atau artikel ke halaman pertama dalam mesin pencarian google. Kalo istilah menurut mas Wikipedia sih SEO adalah “Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari. Nah sedangkan bedanya sama SEM, dia adalah pemasangan iklan yang berbayar.

Jadi intinya kerjaan aku disini adalah untuk melakukan berbagai cara dalam mengoptimasi web klien dengan melakukan rangkaian berikut ini yang harus dilakukan setiap hari (kecuali libur pastinya) wkwk. Upaya pertama adalah dengan melakukan link building.

  1. Bikin artikel yang Fresh dan Berbobot 
Link Building
Bikin artikel

Sumber utama dari melakukan SEO adalah dengan membuat berbagai artikel yang berhubungan dengan keyword untuk di post ke internet. Alasan utamanya adalah untuk membuat traffic. Jadi sebelumnya para tim SEO bakal nyari berbagai keyword yang sering dicari sama users di google dengan menggunakan tools Google Adwords Keyword Planner

Trus kalo udah ketemu tuh keyword yang kira-kira banyak dicari oleh users yang berhubungan dengan klien, maka dibuatlah artikel yang sesuai, fresh (ga duplicate) dan pastinya relevan dengan topik yang akan dibahas. Dalam membuat artikel itu minimal 500 kata dan ketentuan menulis artikel secara SEO adalah dengan menulis keyword di judul, 100 kata pertama, di tengah dan di paragraf akhir tulisan. Nah, dari keyword-keyword yang udah dimasukin, nanti di link ke artikel lain yang relevan yang ada di website klien. Tapi cukup nge link 3 keyword aja, kalo banyak-banyak ntar jatohnya spamming dan justru ga baik untuk klienmu. Hmm, supaya ga bingung coba cek contoh artikel SEO yang aku buat disini

Tahap pertama ini adalah upaya dalam link building untuk attract users buat mampir ke website klien.

2. Guest Posting atau Komen di Forum

Link Building
Forum Commenting

Artikel done, terus cara link building selanjutnya adalah dengan forum commenting. Cara ini dilakukan untuk attract user dari interaksi yang dilakukan di forum. Jadiii, dari banyaknya keywords yang ada, di forum yang ada bakal dimasukin tuh komennya. So, seolah-olah kita ikutan komen tapi nyelipin keyword. Pastinya ini dilakuin relevan dengan topik forum yang lagi dibahas yah. Jangan sampe komen tentang sakit gigi padahal lagi ngomongin gimana cara merawat wajah. Jaka sembung deh tuh. wkwk

Dalam hal ini, SEO seperti ninja yang menyamar, kita soalnya sesuain sama para users yang ada di forum itu. Kalo rata-rata yang di forum adalah para ibu-ibu, yaudah nyamar jadi ibu-ibu gaul yang bingung dengan permasalahan ibu yang ada. Kalo forum anak gaul, yaudah deh tuh sok gaul aja. Pokonya gimana cara kamu bikin orang-orang di forum itu tertarik sama kamu.

3. Memanfaatkan Sosial Media

Link Building
Optimasi Sosial Media

Tahap selanjutnya adalah optimasi sosial media. Rata-rata orang dapet informasi kan dari sosial media, nah SEO juga berkecimpung dengan mengoptimasi sosial media dengan melakukan backlink ke sosial media nya klien. Dalam hal ini, dibutuhkan bantuan dari departemen sosial media karena konten yang didapat dari mereka. Sosial media yang biasanya dipake sama SEO disini sih biasanya facebook. Kalo mau dioptimasi, ya menshare artikel yang udah ditulis di page nya facebook. Yaudah deh tuh, yang suka buka facebook dan udah nge like page kita bakal dapet kan tuh informasinya? Kalo udah dapet, pastinya nge click dong, kalo udah nge click, naik deh traffic nya. Naiknya traffic berpengaruh pada eksistensi website. Kabar bagus itu untuk klien.

4. Upload Artikel Ke Blog Asset 

Link Building
Blog Asset

Sebelumnya, di tahap pertama kan yang terpenting dari SEO adalah membuat artikel yang fresh dan berbobot. Untuk artikel tersebut akan dialihkan kemana? Jawabannya disini. Karena aku cenderung untuk melakukan optimasi secara off page, maka aku ga langsung nge optimize di web klien tapi dengan melakukan cara ‘gerilya’ yang memancing orang-orang untuk datang ke web klien. Caranya adalah dengan membuat blog di wordpress atau blogger dan meng upload artikel tersebut ke blog asset ini. Biasanya orang kalo nyari di google pastinya mau langsung nemu jawabannya kan, dari blog asset ini bakal ngebantu user untuk mendapatkan jawaban dari artikel yang udah di publish. Dibalik artikel tersebut ada modus produk klien yang ga mereka sadari, namun yang terpenting adalah informasi yang mereka dapat itu bermanfaat dan blog yang mereka dapat informasi itu dapat dipercaya. Makanya pengaruh blog asset terhadap traffic penting karena isinya pun harus sesuai dan ga ngaco.

5. Perbaiki Broken Link

Link Building
Broken Link

Link adalah segala-galanya di SEO. Makanya itu pengaruh banget kalo misalnya link yang udah dibikin ga valid atau jadi broken link. Misalnya gini, ada suatu artikel yang ga ada landing page nya atau broken link, nah itu harus segera diperbaiki dengan me-replace broken link tersebut dengan link yang baru. Kalo untuk hal ini aku belum begitu ngerti karena ini lebih ke on page optimization dan khusus bagi yang ngerti coding. Hehe

6. Upload Artikel ke Blog Tamu

Link Building
Article Submission

Selain blog asset, artikel yang udah dibuat juga harus di upload ke blog tamu. Apa itu blog tamu? Itu merupakan blog yang udah ada di internet yang siapa saja bisa menulis disana. Contohnya kaya kompasiana, blogdetik dan lainnya. Hal ini dilakukan juga semata-mata untuk meningkatkan traffic. Jadi kalo misalnya nih, dari blog asset ga ada yang baca tuh atau dikit yang baca, pastinya kalo artikel yang kita masukin ke blog yang udah pasti banyak pembacanya kaya kompasiana kemungkinan traffic nya pun akan naik. Makanya itu article submission di blog tamu juga penting. Tapi, di article submission ga boleh banyak di link karena bisa dijadiin spam.

7. Kerjasama dengan Para Blogger 

Link Building
Blog Affiliate

Bagi kamu yang suka ngeblog dari dulu dan udah cukup punya nama di dunia blogger, ini mungkin bisa jadi kesempatan kamu. Jadi logikanya gini, kalo misalnya kamu mau naikin website nya Clean and Clear, pastinya setelah kamu cari keyword yang banyak dicari dan membuat banyak artikel tentang hal itu, terus mengupload nya di blog asset dan guest blog maka hal itu seolah-seolah cuma dari kita aja informasinya. Nah, walaupun banyak yang kita bahas tentang Clean and Clear, itu semua ga cukup. Kita perlu bantuan orang lain untuk membahas tentang Clean and Clear juga. Maka dari itulah SEO membutuhkan blog afiliasi. Jadi, akan dicari nih para blogger berbakat yang Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) tinggi. Tenang aja, dengan menjadi blog afiliasi, setiap artikel yang kamu post di blog kamu bakal dibayar sesuai dengan rank blog kamu. Jadi, bagi kamu yang suka ngeblog, ini kesempatan emas untuk menambah penghasilan!

Yap! Inilah ke tujuh tahap dalam melakukan SEO. Semua ini merupakan dasar dari optimasi SEO dan harus dilakukan setiap hari. Jadi kebayang kan gimana kerjaan aku setiap hari yang full depan laptop? Jenuh pasti, bosen iya. Tapi kalo disuruh berhenti, hmm masih menikmati sih. Jadi kalo dibilang belajar SEO melalui magang ini bener-bener sesuai sama passion aku banget. Semoga juga penjelasan aku diatas bisa dipahami yah sama kalian semua. 😀

0 thoughts on “Pengalaman Magang – Apa itu SEO?

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: