Pengalaman Magang – Hello Mirum!

Pengalaman Magang – Hello Mirum!

Finally, setelah sekian lama melewati interview, akhirnya panggilan terakhir diajukan dari sebuah agensi periklanan bernama Mirum Jakarta yang sebelumnya bernama XM Gravity.

Pas dapet info wawancara ini, sebelumnya dapet kabar kalo bisa apply magang disini dari temen yang udah magang duluan disana. Lowongan yang dibuka ada social media, HR dan SEO. Karena waktu itu cuma aku sama temen aku yang belum dapet magang, jadilah kita berdua nyoba apply disana. Entah kenapa waktu itu aku tanpa basa basi apply untuk jadi intern SEO, padahal kalo dipikir denger istilah SEO aja baru banget dan belum begitu tau apa aja kerjaannya, tapi feeling buat apply disana kuat banget. Pokonya apply aja dulu, mau diterima apa ga, yakin, everything that’s meant to be it will be.

Yaudah deh tuh setelah apply disana, beberapa hari kemudian dikabarin lewat telpon kalo aku diajak interview dan harus hadir di Mirum hari Jumat jam 11.00. Karena lokasi Mirum yang ada di gedung Bellezza Shopping Arcade lumayan jauh dari rumah aku, jadilah berangkat pagi-pagi dianterin sama Om sopir. Wkwk

Pas sampe, disuruh nunggu sebentar sampe akhirnya masuklah ke ruangan untuk wawancara. Amunisi laptop dan pengetahuan udah disiapin. Apply SEO pastinya harus tau juga dong kerjaannya apa aja, yaudah tuh langsung semaleman nyari info tentang SEO sebanyak-banyaknya. Ya kaya, SEO 101 kebut semalam gitu. Haha Sampe akhirnya aku bikin blog ini buat nunjukkin kalo aku suka nulis, padahal emang sebelumnya blog aku yang sebelumnya juga suka aku isi, tapi ya perihal pribadi. So, I won’t show it. 😛

Sesi wawancaranya ada 2 tahap, pertama aku diwawancarai kemampuan bahasa inggrisnya, pertanyaannya seputar tau SEO darimana, kenapa kamu apply SEO, dan perihal lainnya yang harus aku jawab dengan bahasa inggris. Lagi-lagi aku belajar dari pengalamana dan mencoba setenang mungkin menjawabnya. Saking tenangnya sampe-sampe jadi curcol pas di interview. Wkwk

Lanjut sesi kedua, pake bahasa Indonesia, ditanyain tau ga mengenai html dan css. Well, as an International Relations student itu sebenarnya bukan urusan aku banget, tapi sejak dulu memang tertarik banget sama coding gitu dan cuma kesampean buat ngeditin html tema blog. Lagi-lagi ngejawab seadanya. Terus disuruh nulis sebuah artikel tentang obat kumur gigi terbaik dalam 500 kata dengan waktu 30 menit. Karena emang hobi bawa laptop kemana-mana dan emang nyiapin sebagai amunisi, nulis deh tuh pake laptop. Segala hal yang ada di pikiran mengenai obat kumur gigi terbaik dikeluarin semua dan akhirnya selesai! Udah pasrah mau diterima apa ga, pokonya aku udah ngelakuin yang terbaik versi aku. Nothing to lose waktu itu mikirnya, kalo emang ga keterima, yaudah, tinggal nyari lagi deh yang lain.

Dikabarinnya abis interview kalo pengumumannya dikasih tau hari Selasa, nunggu kepala SEO nya sembuh dulu. Tapi ternyata alhamdulillah sore nya udah dikabarin kalo keterima dan udah bisa masuk hari Senin.

Tau ga rasanya gimana?

Rasanya pengen nangis dan langsung sujud di kereta (karena waktu itu lagi perjalanan pulang ke rumah naik kereta). Terharu banget pokonya pas dapet kabar itu, udah ngira bakal hari Selasa dikabarinnya, ternyata alhamdulillah lebih cepet. Seneng juga karena ini adalah magang yang diusahain sendiri dengan doa orangtua. Karena sebelumnya ortu yang sedih karena belum dapet-dapet magang nawarin di perusahaan temennya, tapi karena emang dengan prosedur yang gajelas, jadilah ga dilanjutin. Tapi sebagai gantinya, akhirnya aku bisa mewujudkan impianku untuk magang di perusahaan yang sesuai passion dengan usaha sendiri dan dibayar (walaupun ga seberapa).

So, Hello Mirum!

Thanks for giving me the chance to have my internship experience here. Learning about SEO and the reality of working in an agency. :”)

Untuk kisah selanjutnya tentang apa itu Mirum, di postingan selanjutnya.

0 thoughts on “Pengalaman Magang – Hello Mirum!

  1. ka, aku mau tanya, yang interviewnya pake bahasa inggris itu khusus seo aja apa emang semua yang daftar magang di mirum ada interview bahasa inggrisnya?
    dan pas diminta buat artikel itu artikel bahasa inggris atau indonesia?
    hehe makasih ka

    1. Pas kmren khusus seo aja. Untuk divisi lain pun paling cukup jawab dengan bahasa inggris, itu untuk memudahkan komunikasi secara teknis aja. Kalo untuk artikel, pake bahasa indonesia ko. Sip sama2, semoga bermanfaat yah 🙂

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: