Pengalaman Magang – Mencari Magang

Pengalaman Magang – Mencari Magang

Bicara tentang magang, pastinya kamu yang kuliah di universitas swasta di Indonesia punya satu semester khusus untuk melakukan praktek ini. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memberikan pengalaman nyata akan dunia kerja yang akan kamu hadapi nanti saat lulus. Jadi, ambillah pengalaman magang ini sebagai batu loncatan kamu akan pekerjaan yang kamu minati nanti. 

Tapi, mencari magang pastinya ga semudah yang dibilang. Zaman udah canggih begini pastinya harus pake cara yang canggih juga dong. Gunakan berbagai sarana yang tersedia di internet maupun di media cetak untuk mencari peluang magang. Untuk kriteria magang pun jangan terlalu neko-neko. Inget, kamu magang ga selamanya, paling cuma 1-3 bulan, kecuali emang kamu minat banget buat ngelanjutin kerja, tapi kalo emang cuma buat tugas kuliah mah jangan terlalu di seriusin. Dalam hal ini serius bukan berarti kamu magang cuma buat main-main, serius disini berarti kamu jangan menuntut banyak hal dari tempat magang kamu. Kalo emang kerjaan kamu cuma fotokopi sama nganterin surat antar departemen, jangan harap gaji kamu bisa sama kaya mereka yang magang nya disuruh bikin project dan lainnya. Kalo bisa dibilang, anak magang itu sebagai pelengkap pegawai disana alias bantu-bantu aja. Tapi ini di beberapa institusi loh, banyak institusi lainnya yang menganggap anak magang itu udah kaya pegawai sendiri saking butuhnya orang. Ya kaya tempat magang aku ini.

Seperti yang aku bilang, mencari magang itu gampang-gampang susah. Gampangnya karena zaman sekarang tinggal kirim email atau apply di web perusahaannya aja. Terus tinggal nunggu waktu interview, susahnya ya… ga cuma kamu doang yang diinterview, ada banyak banget mahasiswa bahkan lulusan pun yang nyari magang juga banyak banget. So, jadikan dirimu sebagai kandidat yang outstanding but still on the ground untuk menarik minat para pencari magang.

Ketika mencari magang, pastinya hal yang dipersiapkan adalah CV terbaru, cover letter atau surat pengantar dan dokumen lainnya jika dibutuhkan seperti transkip nilai atau fotokopi identitas. Nah, saat mengetahui bahwa kampus ku mengharuskan magang sejak bulan Maret sampai Agustus dengan wajib magang selama 14 minggu atau 3,5 bulan, maka mulailah untuk apply magang dimana-mana. Lewat jobstreet.co.id terus studentjob.co.id dan surfing ke berbagai web perusahaan. Bisa juga kalo ada temen kalian yang udah magang atau saudara kalian yang kerja di suatu perusahaan, tanya aja ke mereka ada lowongan apa ga. Lumayan buat referensi. Setelah mencari info, apply satu per satu, mencoba mencari peruntungan akan tempat yang didapat. Berdoa terus semoga ada yang terpanggil, dan alhamdulillah. Dalam waktu seminggu abis apply dapet kabar kalo aku dipanggil buat interview. Biasanya waktu apply dan dikabarin itu sekitar 1-2 minggu, kalo ternyata lebih dari itu, ya artinya kamu belum beruntung. Hehe

Kalo dihitung-hitung udah puluhan application yang aku masukin, tapi yang dipanggil cuma 7. Pertama dari PT. Intermatrix, trus Asyst (Aero System Indonesia), DG Traffic, UNIC (United Nations Information Centre),  PT. Edelman Indonesia, Prestige Wealth Management and finally Mirum Agency Jakarta.

Mungkin pas dulu mikirnya yang penting dipanggil dulu aja, atau ga setidaknya aplikasi CV aku diterima oleh mereka. Makanya pas dipanggil rasanya seneng banget, sampe lupa persiapin diri seharusnya gimana pas interview. Jadilah ke-6 panggilan dipenuhi namun tidak membuahkan hasil. Memang sebenarnya yang namanya berdoa tuh jangan tanggung-tanggung. Kalo misalnya emang maunya diterima CV atau dipanggil buat interview aja, ya Allah bakal penuhin doa kamu itu. Tapi ya sebatas yang kamu minta aja. Makanya salah banget sebenarnya pas kemaren doanya cuma minta diterima CV nya aja dan dipanggil interview. Soalnya ternyata dipanggil oleh banyak perusahaan ga menjamin kamu bakal diterima. Makanya agak iri sama temen-temen yang waktu itu ga dipanggil sesering aku, tapi sekalinya dipanggil langsung diterima. Sakitnya tuh dimana? Hiks :”

Makanya itu, everything that’s meant to be it will be. Selain ke-6 perusahaan yang manggil aku, memang aku pikir pilihan terakhirlah yang memang Tuhan siapkan untuk aku. Walaupun agak telat dari teman-teman lainnya, namun memang tempat magang yang aku jalani sekaranglah yang kurasa tepat. Kenapa? Akan aku bahas di post selanjutnya tentang proses interview sampe tahap penerimaan. So, check it out!

 

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: