Pentingkah Melanjutkan S2?

Pentingkah Melanjutkan S2?

Sebagai seorang perempuan, tentunya perempuan zaman sekarang memiliki berbagai macam akses dalam mewujudkan impian mereka. Terlebih lagi untuk pendidikan. Seperti melanjutkan S2. 

Sebelumnya bagi kalian yang sedang menjalani pendidikan, baik SMP, SMA ataupun kuliah tentunya yang namanya kehidupan mah pasti berlanjut yah, ga mungkin stagnan ataupun mundur. Yang namanya mimpi juga pasti berkembang dan dinamis, ga mungkin cuma stuck disitu aja apalagi jika dihadapi sama keadaan. Maka yang namanya melanjutkan S2 pun sebenarnya termasuk hal yang optional apalagi bagi perempuan, dengan berbagai perspektif tentang wanita yang memiliki pendidikan tinggi maka tentunya pilihan optional ini menjadi sedikit peminatnya.

Tapi seiring dengan berkembangnya zaman dan kecanggihan teknologi, tentunya kebutuhan S2 dan meningkatnya potensi akademis dibutuhkan. Inilah yang kulihat, untuk menjalani program S2 pun sepertinya sudah menjadi mimpi ku dari dulu dan ingin sekali menjalaninya di luar negeri. Bukan karena ingin mencoba tinggal di luar negeri saja, namun lebih kepada mengetahui perbedaan kurikulum pendidikan disana dan mengambil manfaatnya untuk negeri sendiri.

Jadi kembali lagi, sebenarnya penting ga sih untuk melanjutkan S2? Bagi kalian yang kuliah S1 dan mengambil jurusan yang sudah menjurus seperti kedokteran maupun IT ataupun bisnis, maka sebenarnya gampang jika mau melanjutkan S2 dengan fokus yang sama. Namun bagi yang ga begitu fokus ataupun yang bosen dan jenuh sama jurusan yang udah diambil pas S1, tentunya ga ada salahnya dong untuk memilih jurusan yang sesuai mau dan passion kamu.

Termasuk aku nih, dari dulu emang pengen banget masuk Hubungan Internasional karena tertarik dengan penggunaan bahasa inggris dan prospek ke depannya yang biasanya menjadi diplomat. Namun setelah dijalani dan ditelaah lagi, ternyata yang namanya menjadi diplomat itu ga semudah yang dibayangkan, banyak banget tahapannya untuk sampai kesana. Untuk masalah HI pun sebenarnya banyak jadinya mau ga mau fokusnya banyak. So, rencananya pengen ngelanjutin S2 dengan jurusan yang berbeda.

Awalnya mau psikologi karena ngambil kemampuan diplomasi dari HI dan memperdalam kemampuan itu dari sisi psikologisnya. Namun, seiring dengan perjalanan waktu, jurusan untuk S2 pun berubah dan kini lebih condong kepada Manajemen Pendidikan. Karena sebenarnya prospek kuliah itu lebih baik untuk kita membuat pekerjaan atau pun memberikan inovasi bagi negeri ini. Jadi jangan cuma prospek nya untuk menjadi pekerja. Menjadi pekerja pun kalo udah S2 harus profesional dong yah. Hehe So, nyesuain sama kebutuhan yang dibutuhkan oleh negeri ini aja jadinya. Hehe

Untuk wanita sendiri sebenarnya S2 merupakan hal optional, karena wanita yang mendapatkan gelar S2 mungkin terlihat superior dibanding wanita lainnya. Tapi bukan berarti ketika mereka menjadi seorang istri atau ibu akan menunjukkan gelar mereka itu kan? Jadi, ga ada istilah untuk minder sama wanita yang mendapatkan gelar master karena itu sebenarnya cuma gelar dalam tingkatan akademis nya aja. Walaupun terkadang banyak fenomena yang mengartikan hal tersebut sebagai tingkatan derajat, maka sebenarnya hal itu kembali lagi pada pribadi masing-masing. Apakah hal tersebut akan dijadikan ancaman atau kah motivasi?

Terus untuk gelar S2 sendiri pun sebenarnya lebih singkat waktunya dibanding S1 dan dengan mata pelajaran yang lebih fokus. Namun, bukan berarti bisa diselesaikan dengan mudah. S2 lebih kepada praktek dan implementasi dari apa yang kamu lakukan. Maka kalo misalnya emang gamau pusing-pusing buat mikirin pelajaran lagi dan ga mau rempong ngurusin penelitian, yaudah gapapa, kan dah dibilang kalo S2 itu optional. Hehe

Nah, dalam melanjutkan S2 pun dalam memilih jurusan dan negara yang ingin menjadi tujuan kuliah pun ga boleh sembarangan. Soalnya yang namanya pilihan mah harus berdasarkan berbagai pertimbangan yang matang, jangan sampe pas dijalanin baru nyesel udah milih. Caranya gimana untuk membuat pertimbangan? Ya dengan mencari sebanyak-banyak nya informasi. Aku sendiri dapat info untuk S2 dengan jurusan dan negaranya dari situs hotcourses.co.idSelain lengkap banget informasinya, di situs ini pun dia ngasih tau tips maupun artikel bermanfaat yang secara ga langsung menjawab pertanyaan kita. Pastinya setelah kamu udah cukup nyari informasi, pertimbangan yang dilakukan pun bisa lebih matang dan kamu bisa mulai persiapan.

Tenang aja, yang namanya persiapan mah bisa dilakukan kapan aja dan dapat dilakukan gimana aja. Untuk hasil dari persiapan itu nanti tinggal dikonsultasikan dengan yang diatas. Karena sesungguhnya yang namanya Ikhtiar (usaha) itu harus maksimal oleh manusia, setelah usaha maka selanjutnya adalah Tawakkal (berserah diri) karena sesungguhnya everything that’s meant to be it will be, jadi pastinya setiap usaha yang kamu lakukan akan mendapatkan hasil yang memang diperuntukkan untuk kamu, apapun itu, mau hasil itu yang kamu inginkan ataupun yang Tuhan inginkan.

So, stay tough, keep on dreaming and struggle to make it true!

 

0 thoughts on “Pentingkah Melanjutkan S2?

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: