Syukuran ke Korea – Day 2

Syukuran ke Korea – Day 2

Syukuran ke Korea hari kedua pun berlanjut! Masih di daerah Jongno-gu, kitapun mulai mengeksplor sisi lain dari Seoul yang pastinya menjadi tujuan utama para turis datang kesini. Penasaran kemana? Kuy cari tahu lebih lanjut! 

Entah kenapa, karena disini memasukin musim Spring yang udaranya masih semeriwing, jadinya waktu aktifitas orang-orang pun mundur, begitu pula kita, turis baru dateng kemaren yang ngerasain jetlag dan masih menyesuaikan diri dengan suhu dan waktu di Korea. Jadilah kitapun menyesuaikan waktu orang Korea, tapi tetep aja, sebagai Muslim, yang namanya Sholat Subuh wajib dong, jadi ketika jam 5 adzan Subuh  waktu Korea yang 2 jam lebih awal  berkumandang, bersiap sholat subuh dan dzikir pagi.

Tapi kalo di Korea, jam 5 tuh masih sepi banget dan aktifitas baru dimulai mungkin sekitar jam 9an atau lebih, karena kita pun baru keluar dari tempat bersemayam pukul segitu, dan emang suasananya masih sepi kecuali bagi mereka para pelajar dan pekerja yang harus siap pagi-pagi. Tapi untuk restoran dan lainnya, masih tertutup rapat.

Rencana hari ini karena posisi Jongno-gu yang strategis, maka kitapun mau nyoba untuk survey barang-barang Korea di Myeongdong. Niat awalnya adalah untuk membandingkan harga di Myeongdong dengan di Dongdaemun nanti. Tapi, ya yang namanya niat terkadang hanya menjadi ilusi…..

Well, dari Jongno-gu kitapun mutusin buat naik subway dari stasiun Gyeongbokgung. Di Korea, yang namanya subway itu accessible banget, dimana setiap sudut Seoul itu bisa dijangkau, mulai dari bawah tanah sampai ke dataran tinggi subway Seoul bisa. Kalo mau liat jalurnya aja, banyak banget yang masing-masing jalur memiliki tujuannya sendiri. Mau liat peta subway nya Seoul? Nih tak kasih tau.

map_english
Peta Jalur Subway Seoul

Dari Gyeongbokgung ke Myeongdong aja harus melalui berbagai stasiun dan transit. Karena setiap stasiun memiliki exit tersendiri, jadi harus diperhatikan juga nih pintu keluarnya kemana, karena kalo salah pintu keluar, tujuan kamu pun bisa jadi jauh banget padahal masih di stasiun yang sama. So, diperhatikan yaah!

IMG_9704
Myeongdong Tourist Information Center

Nah, karena ini pengalaman pertama kita naik subway, jadilah pas kita di Myeongdong mau ke Myeongdong Tourist Information Center buat ambil stamp book yang kalo di guide book nya deket sama stasiun Euljiro 1 (il-ga) station yang kalo kita dari Myeongdong harus transit di jalur yang ijo. Udah tuh setelah naik turun peron, dan turun di Euljiro 1 (il-ga) ternyata pas kita sampe di Myeongdong Tourist Information Center nya dan ambil stamp book, pas kita jalan menyusuri Myeongdong, eh ternyata pas muncul-muncul di stasiun Myeongdong lagi. Jadi, ya intinya kita bisa jalan dari stasiun Myeongdong ke Myeongdong Tourist Information Center nya, tapi kita malah muter-muter naik subway…. Ya begitulah, namanya juga pengalaman, ya ga? Hehe

Abis ambil stamp book, kitapun menuju Seoul Global Cultural Center yang ada di Myeongdong Street, yang tepatnya berada di M Plaza lantai 5F, kalo bingung dimana M Plaza karena Myeongdong yang rame, bisa tanya petugas informasi yang pake seragam merah. Nah, tujuan kita kesini adalah buat foto-foto pake hanbok gratis! Ya karena pas kemaren ke Gyeongbokgung sedih gabisa pake hanbok karena mahal, yaudah deh tuh nyari yang gratisan disini.

Kalo mau foto pake hanbok disini, harus daftar dulu berdasarkan waktu yang tersedia. Alhamdulillah waktu itu kita dateng jam setengah 2an dan jadwal jam 2 nya pun kosong. Disini, kalo mau foto pake hanbok gratis harus tepat waktu, karena kalo udah telat dikit aja bakal dilewatin dan harus daftar lagi. Sambil nunggu giliran kita buat foto pake hanbok, kitapun dikasih mainan kayu berbentuk bunga yang harus kita warnai sebagai pengisi waktu menunggu.

Korea_170327_0050
kegiatan mewarnai mainan kayu

Korea_170327_0080
Photo frame

Korea_170327_0069
Foto pake hanbok 1

Korea_170327_0065
Foto pake hanbok 2

Pas akhirnya giliran kita tiba, yaudah deh tuh kita pilih hanbok yang kita mau dan beraksi depan kamera. Well, disini karena gratis, jadi kita fotonya self-service, pake hp atau kamera sendiri dan dibatesin waktu kira-kira 10 menitan buat foto-foto. Tapi tenang aja, kitapun bisa minta tolong mba-mba nya buat fotoin ko. Hehe Kalo mau dicetak pun bisa, tapi harganya 2000 won per foto. Disini juga tersedia tongsis ataupun tripod, jadi siapin aja peralatan yang kalian butuhkan yaah!

Korea_170327_0083
Jajanan di Myeongdong

Abis puas foto pake hanbok, kitapun keluar ke Myeongdong Street yang mulai ramai. Karena waktunya udah siang dan kitapun belom makan siang, kitapun memilih untuk beli snack disana. Pas banget kita lagi jalan-jalan, ada yang nawarin kita makanan roti telor gitu. Jadi bawahnya roti manis, diatasnya telor setengah mateng. Jadi sensasi manis dari roti dan asinnya telor setengah mateng nikmat banget, ditambah dengan kondisinya yang masih anget. Nyes…. Terus kitapun ditawarin udang goreng yang semuanya masing-masing harganya, untuk roti 2000 won, dan udangnya 4000 won per porsi. Jangan dijadiin kurs indo yah, karena emang lumanyun kalo dipikir. Haha

Tujuan awal ke Myeongdong kan buat survey aja tuh, tapi ternyata pas udah tau harga, yaudah deh tuh hajar beli aja. Emang di Myeongdong rencananya buat beli titipan adik-adik dan teman-teman yang mau beli album boyband kesayangan mereka yang pastinya lebih murah beli di pusatnya. Nah, untuk beli album pun kita ke Myeongdong Underground Market yang berada di deket stasiun. Jadi disini berjejer tuh berbagai jualan mulai dari pakaian, korean stuffs dan album yang harganya lumayan miring. Yaudah deh tuh, daripada bolak balik lagi, akhirnya yang kita udah nemuin kaya album exo dan got7 kita beli. Masing-masing harganya bervariasi, tapi rata-rata 10.000 won keatas. Yang kalo kalian tau, albumnya boyband Korea itu bener-bener lengkap dan ga sekecil yang kalian bayangin…

Setelah beli album, kitapun naik ke atas lagi buat beli titipan2 kosmetik, seperti di innisfree ataupun nature republic. Holika Holika, Tony Molly, Etude dan merk lainnya tersebar di Myeongdong Street, yang masing-masing toko kosmetik bakal ngasih kita skin care gratis ketika kita mampir ke tokonya. Jadi, ya lumayanlah, dapet masker, krim pelembab, bahkan moisturizer yang siput khas Korea itu bisa kita dapetin gratis.

IMG_9705
Jalanan Myeongdong

Karena sudah lumayan lama kita berjalan-jalan di Myeongdong, akhirnya kitapun memutuskan untuk balik lagi ke Jongno-gu dan istirahat. Dengan rencana untuk malamnya akan jalan-jalan ke Cheonggyeochon Stream, dimana kita bisa melihat sungai yang bersih dan bersejarah di tengah-tengah daerah Gwanghwamun. Ternyata ga begitu jauh dari tempat kita ke Cheonggyeochon Stream, karena aku tipe orang yang ga begitu ngeh sama arah, maka temanku Syifa lah yang menuntun kita untuk sampai di tempat. Ternyata Cheonggyeochon Stream itu lumayan panjang dan indah banget ketika malam hari. Ini beberapa fotonya yang aku ambil di waktu siang hari biar jelas, jadi bisa diliat ada Cangkang Keong tanda stream itu sendiri dan adanya lampu pelangi dibawah jembatannya dan kalo kalian perhatiin ada lubang bulat kecil di sungai tersebut yang biasanya orang lemparin koin di dalamnya, yang katanya bisa mengabulkan permintaan. Aku nyoba tuh lemparin koin, tapi gagal. Mungkin memang kalo mau sesuatu mah minta ke atas aja ya jangan lemparin koin ke dalam sungai, sayang. Wkwk

Abis dari Cheonggyechon Stream nya pun rencananya kita mau minta stamp yang ada di K Style Hub, tapi karena waktu udah nunjukkin jam 9 malem, jadi ternyata tempatnya udah tutup. Yaudah deh tuh langsung cau nyari makan di daerah sekitar, Berdasarkan buku panduan makanan Muslim, ternyata ada restoran India yang namanya Om Halal Restaurant. Langsung deh tuh kita meluncur kesana.

Korea_170327_0103
Pesanan kita di Om Halal Restaurant

Pas nyampe sanapun, ternyata cuma ada kita dan beberapa pengunjung lainnya, yaudah deh tuh akhirnya kita mesen sup ayam, roti panir, curry ayam, nasi dan samosa. Ternyata roti panir nya gede dan padet banget yang bikin kita cepet kenyang karena ditambah dengan curry. Alhamdulillah, makan malam kita pada hari ini normal-normal saja. Haha Abis makan, jam 10 pun kita balik lagi ke penginapan dan beristirahat. Sebelumnya, untuk sarapan, kita selalu beli nasi instan yang bakal diangetin pake microwave dengan lauk yang kita bawa ke Indo. Masing-masing nasi harganya 1,550 won. Alhamdulillah, Syukuran ke Korea – Day 2. Done. 🙂

Day 2 Jongno-gu, Heart of Seoul @Freedom of Bliss

(Myeongdong Street – Myeongdong Tourist Information Center – Myeongdong Underground Market – Cheonggyeochon Stream – Om Halal Restaurant)

Detail Pengeluaran:

Foto: 2,000 won

Jajan: 4,000 won

Makan malam: 13,250 won

Nasi Instan: 1,550 won

Total: 20,800 won (kurs 11,8) = 244,608 rupiah

0 thoughts on “Syukuran ke Korea – Day 2

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: