Syukuran ke Korea – Kenapa ke Korea?

Syukuran ke Korea – Kenapa ke Korea?

Sebelum berlanjut ke post mengenai perjalananku selama 10 hari di Korea, sebelumnya aku pengen ngasih tau nih kenapa sih milih Korea buat menjadi negara yang dikunjungi sebagai tanda rasa syukur ini? Well, ini dari persepsi aku sendiri ya, kalo berbeda ya monggo. Hehe Cekidot! 

Selama menjadi anak HI dan mendapatkan ilmu diplomasi, yang aku dapetin paling ampuh dari sebuah negara untuk mendapatkan kepentingan yang diinginkan atau national interest nya, maka Public Diplomacy lah yang menjadi alat utama suatu negara untuk menyebarkan nilai-nilai negaranya untuk dapat membentuk suatu hubungan bilateral baru antar-negara.

Nah, dari yang selama ini aku rasain yah, Korea Selatan termasuk negara yang sangat kencang dan pintar sekali dalam Public Diplomacy nya melalui istilah yang disebut dengan “Korean Wave” nya, dimana nilai kebudayaan Korsel dibawa masuk ke suatu negara melalui soft diplomacy baik dengan tayangan variety show maupun reality show, drama korea yang dihiasi dengan para aktornya yang ganteng2 dan cantik2, ditambah dengan idol mereka yang bening dan rata-rata penduduk setiap negara pasti ada penggemar setianya.

Jadi, alasan pertama kenapa Korsel menjadi negara tujuan untuk menunjukkan rasa syukur ku adalah karena aku lebih tertarik mengunjungi Korsel untuk membuktikan apakah yang ada di dalam variety dan reality show yang ditunjukkan. Apalagi kalo penggemar drama korea, pasti deh pengen tau, dimana ya si Kim So Hyun dan Gianna Jun akting pas di You Who Came From the Stars? Ko tempatnya kayanya bagus banget? Yaudah deh tuh jadinya penasaran sama Petite France dan pengen kesana. Pokoknya karena K Wave inilah yang bikin orang-orang jadi tau Korea walaupun hanya dari layar kaca yang menurut aku haluuuss banget caranya, karena rata-rata emang entertaining banget. Terus dengan idol-idol kaya Big Bang, CNBlue bahkan Twice lebih dikenal lagunya dan orang-orangnya dibanding idol di negara sendiri. Jadi tujuan lainnya ke Korea adalah untuk dapat bertemu dengan para idol tersebut dengan kemungkinan 1:10.000.000 wkwk

Alasan pertama ini dibuktikan dengan banyaknya turis yang berkunjung ke Korsel setiap tahunnya, aku aja yang 10 hari disini bisa ketemu orang-orang dari Malaysia, Brunei Darussalam, Myanmar, Vietnam, Jepang, Filipina, Spanyol dll. Yang semuanya kalo ditanya kenapa ke Korsel? Alasannya karena mereka tau dari TV dan Internet dengan drama korea nya atau lagunya idol. Jadi, ya ga heran kalo nanti pas ke Korsel bakal banyak ketemu turis berombongan dateng, karena ya setiap musim aja pasti ada aja turis yang kesini buat ngunjungin Korsel.

Alasan kedua kenapa ke Korea adalah karena tempat wisata dan fasilitas turis yang sangat memadai dengan adanya Korea Tourism Organization yang sangat gigih dalam mempromosikan dan menyediakan fasilitas yang memudahkan para turis untuk mendapatkan informasi dan akses untuk mengunjungi negaranya. Jelas banget lah Korsel memfokuskan kepentingannya ke dalam sektor wisata, coba lihat aja nih visi, misi dan target yang ingin dicapai.

korea tourism organization
Visi Misi dan Target KTO

Jelas banget kan disitu dimana “Tourism will be the growth engine for an improved national economy and quality of life.” Growth engine disini jelas banget kalo Korsel mau fokus banget ke tourism sebagai agenda mereka dalam meningkatkan keadaan ekonomi dan kualitas hidup mereka. Jadi, dengan misi dan visi mereka seperti itu, ditambah dengan goals mereka sampai 2018 yang memang sangat memfasilitasi turis, so pasti dong seneng banget kita sebagai turis ngunjungin negara ini. Setiap periode juga pasti ada aja promo atau event yang bisa diikutin turis yang berhubungan sama agenda visit Korea ini, jadi stay tune aja ya di website nya!

Korea_170327_0201
Hallyu Seoul Stamp Tour

Terus, lanjut ke alasan ketiga nih, pastinya karena dukungan yang besar dari pemerintah untuk agenda dan target di sektor pariwisata, banyak event yang bisa diikutin para turis yang berkunjung dan banyaknya pusat informasi yang tersebar di Korsel ini. Contohnya aja pas aku ke Korsel kmaren ternyata ada event Hallyu Seoul Stamp Tour yang dimana kita bisa kunjungin beberapa tempat yang di rekomendasiin dan mengumpulkan stamp untuk bisa dapetin souvenir khusus dari KTO. Beberapa tempat diantaranya, Gyeongbokgung Palace, Namsan Tower, SM Town, Cheongyeocheon Stream, GangnamDol Haus, dll yang bakal aku ceritain satu2 di post selanjutnya.

Karena banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi, akses transportasi pun harus dimudahkan dong untuk dapat menjangkaunya dan alasan keempat kenapa harus ke Korea, karena banyak banget alat transportasi yang bisa digunakan untuk menjangkau tempat-tempat wisata tersebut, yang kalo dipikir bisa menjangkau seluruh daerah di Seoul sendiri, seperti subway, bus ataupun taksi yang pembayarannya pun bisa menggunakan TMoney dan dapat di Top Up dimanapun. Jadi, istilahnya untuk fasilitas transportasi bisa diakses dengan mudah dan terlebih lagi, aman dan nyaman. Hehe Jika ingin keluar kota pun, sudah tersedia AREX atau kereta cepat yang bisa mengantarmu sampai tujuan dengan nyaman.

Ngomong-ngomong masalah keamanan, pengamanan rumah atau tempat di Korsel sangat dijaga dengan adanya cctv dan akses pintu masuk menggunakan passcode. Jadi jarang banget nemuin rumah di Korsel yang cuma diamanin pake kunci rumah aja, karena kebanyakan mereka pake passcode untuk mengamankan kunci rumah tersebut. Jadi, jelas juga kan kenapa alasan ini bisa menjadi alasan kelima aku kenapa harus ke Korea? Hehe

Terus, karena banyaknya tempat yang bisa dikunjungi dan mudahnya akses transportasi, jarak antar tempat pun mudah dijangkau dan dekat jika berjalan kaki. Kaya waktu itu aja, aku mau ke Myeongdong Tourist Information dari Myeongdong Street yang kalo di buku petunjuk harus naik kereta dan transit di beberapa tempat, ternyata setelah kita teliti lagi, Myeongdong Tourist Information nya ternyata ga jauh banget dari Myeongdong Street itu sendiri yang kalo dipikir kocak banget kita bisa naik kereta padahal bisa motong jalan. LOL. Tapi yowis rapopo, pengalaman namanya juga hehe. Jadi, enaknya juga dengan jarak antar tempat yang deket-deket, kita bisa sekalian sightseeing dan stroll for a walk yang tentu akan menyehatkan bagi kita juga. Hehe. So, itulah alasan keenam kenapa ke Korea.

S__3735555
Penampakan naik eskalator di Korea 

Alasan ketujuh kenapa ke Korea adalah karena penduduknya yang menaati peraturan yang ada, contohnya saja seperti rambu pejalan kaki, jarak antar kendaraan, sampai posisi di eskalator yang harus di sebelah kanan karena sebelah kiri eskalator hanya digunakan untuk mereka yang ingin mendahului. Inilah yang membuat aku seneng juga pas dateng ke Korea, karena tertib banget dan bebas dari kemacetan. Jumlah mobil aja mungkin ga sebanyak dengan yang ada di negeri kita tercinta ini, apalagi dengan motor. Beuh jangan ditanya, motor disini bisa diitung pake jari jumlahnya. Karena ternyata motor hanya digunakan untuk mengantar barang saja, ataupun jika ada motor-motor bagus yang milik pribadi. Jadi, ga ada lah ya istilah ojek online disini, karena ya dari transportasi umumnya aja udah enak banget, jadi kayanya ga perlu deh. Hehe.

Kalo ngomongin Korea, pastinya yang kebayang adalah Samsung, Etude, SPAO, dan merk terkenal lainnya yang memang semuanya sudah tersedia di Korea. Alasan kedelapan adalah Korea merupakan negara yang dapat memenuhi segala kebutuhan mulai dari barang elektroniknya yang sudah diketahui bagaimana kualitasnya, make up yang menjadi trend fashion dunia, dan bahkan barang-barang kebutuhan lainnya seperti tas dan pakaian yang semuanya rata-rata Made in Korea dan di bandroll dengan harga yang terjangkau. Dari barang elektronik aja, seperti handphone aja, kamu cuma bisa nemuin Samsung, LG dan IPhone, yang mereka gunakan. Jarang banget, bahkan ga ada kali handphone buatan Cina yang dipake disini. Terus untuk make up aja, di setiap jejeran jalan pasti ada aja, entah itu The Face Shop, Innisfree, Etude bahkan Nature Republic bisa kamu temuin dimana-mana yang kalo dipikir udah kaya Indomar*t dan Alfam*rt di Indo yang emang menjamur dimana-mana. Terus untuk barang-barang kebutuhan seperti tas dan pakaian pun bisa kalian temuin entah di Myeongdong ataupun di Ewha Women University yang harganya terjangkau banget. Makanya pantesan aja orang-orang Korea punya style nya sendiri, karena emang pakaian yang dijual pun relatif memiliki tema tertentu yang sesuai dengan orang-orang Korea.

Bagi para Muslim yang ingin mengunjungi Korea pun kini gausah khawatir lagi, karena pemerintah Korea pun telah memfasilitasi para turis Muslim dengan memberikan info wisata Muslim friendly mulai dari tempat makan, tempat sholat bahkan rekomendasi untuk makanan yang Muslim friendly. Alhamdulillah orang-orang Korea pun cenderung bisa menerima kenyataan kalo kita sebagai Muslimah harus berhijab yang terkadang mereka sempet ngeliat kita kaya gimana gitu. Haha But overall, Korea termasuk negara yang relatif nyaman untuk para turis Muslim, walaupun untuk makanan masih cenderung sulit karena rata-rata yang halal adalah restoran nya orang-orang Turki, India ataupun Tunisia yang kadang kurang cocok sama lidah orang Indonesia dengan harganya yang lumanyun. Makanya kalo bisa orang Indo inves di Korea dong, buka warteg aja biar setidaknya bisa dijangkau sama turis pelajar kaya kita ini. Haha Inilah alasan kesembilan kenapa harus ke Korea.

Lanjut, selain karena Muslim friendly, alasan kesepuluh kenapa harus ke Korea adalah karena warga Korea pun sangat ramah terhadap turis, terutama kepada para turis pembeli barang. Haha Tapi beneran deh, kalo mereka liat turis, suka ditanyain darimana, cenderung yang nanyanya para orang tua, karena yang mudanya mungkin terlalu biasa atau cuek kali ya ngeliat turis kaya kita. Hehe. Bahkan ketika kita mengunjungi tempat yang memang banyak turis kunjungi, mereka bisa ngomong pake bahasa Indonesia karena mungkin sering mendengar ataupun berkomunikasi dengan turis Indonesia yang sebelumnya pernah kesana. Ketika kita kesulitan pun, mereka ga segan untuk membantu walaupun tetep aja kita mah ga ngerti mereka ngomong apa, karena kebanyakan para orang tua menggunakan bahasa Korea dan ga begitu ngerti bahasa Inggris. Hehe

Karena para orang tua di Korea sangat ramah terhadap para turis, untuk masalah fasilitas pun mereka dikhususkan dan inilah alasan kesebelas kenapa ke Korea. Contohnya aja seperti penggunaan lift, di Korea kalo mau ke stasiunnya aja harus bolak balik naik eskalator atau tangga untuk bisa sampai di jalur yang sesuai dengan tujuan, nah khusus untuk para orang tua, difabel dan ibu-ibu hamil lift yang digunakan untuk mereka, dan ini benar-benar untuk mereka. Soalnya pernah tuh, aku sama temen aku capek banget mau pindah jalur kereta, yaudah kita pake lift tuh buat pindah jalur yang pas kita masuk, ternyata ada rombongan nenek2 dan kakek2 yang ikut masuk terus ngeliatin kita aja. Eh terus tiba-tiba ditanyain pake bahasa Korea tuh, gatau apa artinya yang dia nanya nya bener-bener di muka yang mungkin dia nyindir kali ya, wong lift buat orang tua kenapa ada bocah dua nyempil kesini. Eh pas kita mau keluar karena ga enakan, diketawain dan disuruh masuk lagi, mungkin mereka memaklumi karena kita tidak tau…. Wkwk

Sebagai negara yang bangkit dari penjajahan, Korea Selatan termasuk negara yang sangat menjunjung tinggi nilai budaya dan sejarah yang dialami. Terbukti dari banyaknya museum, palace dan peninggalan sejarah lainnya yang sangat dijaga oleh pemerintah. Tempat-tempat tersebut pun sangat terawat dan kebanyakan bisa dimasuki secara gratis. Contohnya aja, National Museum of Korean Contemporary History yang berisi sejarah berdirinya Korea Selatan dari masa awal penjajahan sampai kemerdekaan yang dijelaskan secara rinci dalam beberapa periode di setiap lantai. Akses masuk ke dalam museum inipun gratis dan banyak banget yang bisa diambil dari sejarah Korea yang ga nyangka banget ternyata Korea Selatan bisa sesukses ini setelah melampaui berbagai kesulitan di masa lalunya. Daebak!

Setelah alasan keduabelas diatas, inilah alasan terakhir kenapa sih ke Korea? Pastinya karena telah merasakan pahitnya penjajahan, maka Korea Selatan pun sangat bangga akan budaya yang telah diperjuangkan oleh mereka selama ini, sehingga terus mempertahankannya. Makanya ga heran kalo nanti ke Korea Selatan, bakal masih banyak nemuin Hanok atau rumah tinggal tradisional khas orang Korea, lalu hanbok yang dipake kemana-mana, dilanjut lagi dengan performance seperti tarian ataupun nyanyian yang ditampilkan dalam berbagai event. Nah inilah alasan utama kenapa harus ke Korsel, karena Korea Selatan memiliki ciri khas sebagai suatu negara yang masih mempertahankan kebudayaannya sendiri.

Jadi, bukan tanpa alasan kan kenapa harus Korea yang menjadi negara tujuan tempat ungkapkan rasa syukurku ini? Ketiga belas alasan diatas bisa menjadi referensi buat kamu juga ke Korea, karena pastinya alasan diatas ini merupakan fakta akan gimana keadaan Korea Selatan dari pengalaman aku ya, yang bisa juga jadi pengalaman bagi kamu. So,  untuk post ke depannya bisa kamu relasiin tuh, kenapa alasan-alasan diatas bisa disimpulkan dari berbagai cerita yang bakal aku ceritain setiap harinya. Stay tune yah! 😀

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: