Syukuran ke Korea – Membuat Visa 

Syukuran ke Korea – Membuat Visa 

Alhamdulillah setelah topik menjalani skripsi telah diakhiri dengan melalui sidang, kini saatnya memetik buah manis dari menjalani skripsi tersebut. Yaitu dengan membuat visa ke Korea! Loh? Ngapain buat visa ke Korea? Penasaran? Yuk baca lebih lanjut! 


Di post sebelumnya dalam menjalani skripsi-permulaan, aku pernah ngasih tau kan gimana cara buat ngumpulin niat nge skripsi? Salah satunya adalah dengan mengajak teman untuk memiliki target dan motivasi yg sama. Maka, pas aku lagi jenuh2nya ngerjain skripsi, dan stuck banget mau ngerjain skripsi waktu itu, pas banget Abi aku nanyain gimana kabar skripsi dan ya aku jawab aja apa adanya sesuai dengan keadaan.

Dari dulu, ortu aku nerapin ke anak2nya sistem reward. Jadi ketika anak2nya minta sesuatu, pasti kita harus berjuang untuk mendapatkannya. Kaya sistem ngajuin proposal tuh, ketika aku pengen banget waktu itu jalan2 ke Korea, yaudah tuh jadinya aku ajuin ‘proposal mimpi’ aku ke Abi aku, yg dimana konsekuensi nya aku harus nyelesain skripsi dan sidang di awal.

Oh ya, sebelumnya kalo bisa minta sesuatunya yg sesuai sama ortu kita yah, jangan sampai sesuatu tersebut justru memberatkan. Hehe
Maka, ketika proposal tersebut di acc, perjuangan untuk mendapatkannya pun dimulai dan alhamdulillah, post menjalani skripsi itulah yg menjadi buktinya 🙂

Pas akhirnya dikabarkan lulus sidang pun, Abi nanyain mau kapan untuk pengambilan reward nya? Akhirnya aku putuskan lah, dengan persiapan selama 2 minggu dengan temen seperjuangan yg sama2 kita bertekad untuk menyelesaikan skripsi bersama, bismillah, ya Allah izinkanlah kami untuk berangkat ke Korea!

Nah, setelah surfing di Internet untuk tiket pesawat, akhirnya kita putusin buat naik Korean Air. Selain karena ga transit alias langsung berangkat ke Korea, ternyata lagi ada promo juga dari maskapai nya untuk pembelian tiket bulan Februari dan berangkat bulan Maret. Yg awalnya 7 juta koma bolak balik, jadi cuma 6 juta kurang bolak balik (apasih bahasa gue) wkwk. Yeay!

Trus mutusin tuh buat berangkat tgl 14-27 Maret 2017. Setelah tiket terbeli baru mikir tuh, lah? Kan blom ajuin visa! Ottokae?!
Yaudah deh, perjuangan membuat visa inilah yg menjadi titik kepasrahan kita sama Allah SWT dengan memohon izinNya untuk dapat berangkat.

So, jadi apa aja sih yg harus disiapin untuk apply visa ke Korea?

Banyak blog yg ngepost tentang apa aja yg harus disiapin, tapi aku disini ngepost sesuai dengan yg diminta sama kedubes Korea plus pengalaman dari surfing2 blog juga yg bisa dibilang syarat apply dari aku ini merupakan sumber terlengkap dan terupdate 2017 *eeaa.

1. Kartu Keluarga yg membuktikan hubungan keluarga kita yg sebenarnya, bukan hubungan keluarga yg ingin dibangun yah. *eeaa

2. Paspor Asli yg blom expired (maks. 6 bulan sebelum tgl expired)

3. Fotokopi Paspor bagian data diri dan belakang tempat ttd

4. KTP buat jaga2 biar tau beneran orang Indo apa ga

5. Surat Keterangan Pelajar/Mahasiswa jika masih belajar. Tapi di kasus ini, karena saya gajelas statusnya karena abis sidang yg bukan lagi Mahasiswa, jadinya aku lampirin aja tuh kartu mahasiswa sama surat keterangan dalam bahasa inggris kalo aku ga punya surat keterangan tersebut karena status ku yg gajales ini. Eh ga ding karena surat keterangannya, baik itu skl maupun ijazah baru bisa diambil nanti. Skl aja mintanya susah banget gara2 sidang awal2, yg bakal aku ceritain nanti.

6. Surat Izin Orangtua kalo ternyata kamu perginya karena disponsori oleh orangtua. Kalo ternyata kamu disponsori sama kantor, maka lampirin surat izin dari kantor yg ada kop suratnya. Untuk contoh surat izin bisa download dari link yang ada di poin 12.

7. Foto standar paspor latar belakang putih ukuran 3.5 mm × 4.5 mm. Kasih 2 lembar yah.

8. Bukti rekening koran dari bank yg paling banyak kamu lakukan transaksi dengan jangka waktu 3 bulan terakhir. Usahain banget nih buat transaksi nya dijaga agar tidak terlalu mencurigakan.

9. Surat referensi dari bank yg menyatakan bahwa benar kamu nasabah di bank tersebut dan kamu memiliki saldo sekian. Usahakan saldo yg kamu punya bisa memenuhi kebutuhan kamu selama di Korea.

10. Bukti keuangan ortu yg bisa berupa spt 21, atau yg lainnya yg dapat membuktikan bahwa ortu kamu dalam mensponsori kamu dapet uangnya dari mana. Bisa juga diselipin slip gaji atau apapun yg intinya dapat membuktikan keuangannya.

11.  Print out ticket booking pesawat dan tempat menginap (jika ada) untuk meyakinkan kalo kamu disana bener-bener jadi turis dan bakal balik lagi ke negara asal karena udah beli tiket bolak balik. Ini sunnah ko tapi ternyata ampuh juga untuk meyakinkan kedutaan kalo kamu bener-bener niat tulus untuk berkunjung ke Korea.

12. Temporary Itinerary atau rencana perjalanan selama waktu kalian di Korea. Ini juga bisa menjadi penguat pengajuan visa kamu yang menunjukkan bahwa kamu benar-benar sudah ada rencana dan murni ingin travelling kesana. Dalam hal ini, budget pengeluaran pun sebaiknya dicantumkan, agar sesuai juga dengan uang yang nantinya akan kita bawa. Kalo mau liat contoh itinerary yang waktu itu kita buat bisa cek disini. Disini juga tercantum contoh surat izin orangtua.

13. Last but not least, formulir pengajuan visa yg bisa di download di situs kedutaan besar Korea nya yg harus diisi dengan selengkap dan sebenar mungkin. Untuk formulirnya, bisa di download disini.

Untuk cara pengisian aplikasi visa ini, bisa cek di situs ini yang lengkap banget penjelasannya untuk tata cara pengisian form aplikasi visa ini. Biar ga dobel kalo dijelasin di blog ini juga (halah bilang aja males wkwk)

Setelah dokumen persyaratan visa dilengkapi semua, maka bismillah! Yuk ajuin visa kita ke Kedutaan Besar Republik Korea yg ada di Jl. Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta. Untuk pengajuan visa nya bisa dilakukan dari jam 09.00 – 11.30 yg kamu harus dateng seawal mungkin biar ga lama ngantri. Dan inget, ini khusus untuk mengajukan visa, di luar jam itu yaitu jam 13.30 – 16.00 adalah waktu pengambilan visa tersebut. Jadi, diperhatikan banget ya untuk jadwal pengajuan dan pengambilannya. 🙂

Well, setelah membahas apa saja yg harus dilakukan untuk mengajukan visa, di post selanjutnya bakal aku ngebahas tentang perjuangan selama membuat visa tersebut yg pasti ga kalah deg2annya. Hehe okay, see you next post!

0 thoughts on “Syukuran ke Korea – Membuat Visa 

Tulis saja komentarmu, jangan hanya dipendam saja

%d bloggers like this: